Pemerintah Akan Siapkan Repatriasi Kebijakan Pengampunan Pajak

Pemerintah Akan Siapkan Repatriasi Kebijakan Pengampunan Pajak
Pemerintah Akan Siapkan Repatriasi Kebijakan Pengampunan Pajak (http://assets-a2.kompasiana.com/)

KLIKPOSITIF - Instrumen menerima repatriasi dari kebijakan pengampunan pajak sedang disiapkan agar dana tersebut memiliki nilai lebih mendorong perekonomian.

"Instrumennya perlu disediakan, kalau mengikuti tax amnesty, ada uang yang dibawa masuk dan bisa ditaruh di bank deposito. Tapi sebaiknya, pemerintah menyiapkan beberapa alternatif, bisa SUN, bisa rupiah atau bisa juga valas," ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, Selasa 26 April 2016.

baca juga: Kebijakan Baru Pemerintah, Beli Innova Hingga Fortuner Mendapat Diskon PPnBM

Namun ia belum menjelaskan lebih lanjut instrumen yang ideal untuk menampung dana repatriasi tersebut. Tapi pihaknya memastikan modal yang masuk ke Indonesia itu bisa bermanfaat dalam jangka panjang untuk pembangunan fisik maupun sosial.

"Dalam jangka pendek mungkin itu pilihannya. Tapi, dia juga ingin uangnya menghasilkan lebih banyak, jadi bisa disediakan obligasi infrastruktur atau ditawarkan untuk investasi di bidang-bidang industri yang dianggap penting," ujarnya.

baca juga: DJP Sumbar dan Jambi Gelar Bimtek Sensus Produktivitas Perkebunan Kelapa Sawit

Sebelumnya, Bank Indonesia memperkirakan penerapan pengampunan pajak dapat menambah penerimaan negara sebesar Rp45,7 triliun, dengan dana milik WNI yang kembali ke Indonesia atau repatriasi sebesar Rp560 triliun.

Potensi penerimaan itu berdasarkan perhitungan mendasar dari laporan "Global Financial Integrity" pada 2015 yang menyebutkan dana maupun aset WNI di luar Indonesia, telah mencapai kisaran Rp3.147 triliun.

baca juga: Wamenkeu: Vaksinasi dan Insentif Perpajakan Jumpstart Ekonomi 2021

[Fitria]

Penulis: Fitria Marlina