Aqua Diduga Melakukan Monopoli Perdagangan

Ilustrasi
Ilustrasi (Haloaqua.com)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Distributor dan Produsen air minum kemasan berlabel Aqua , PT Tirta Investama dan PT Balina Agung Perkasa diduga telah melakukan monopoli perdagangan .

Hal tersebut terungkap setelah Komisi Pengawas Persaingan Usaha ( KPPU ) melakukan insiatif penyelidikan soal strategi pemasaran Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) tersebut.

baca juga: Transaksi IHSG Pagi Ini Berhasil Bergerak di Zona Hijau

Dalam laporan yang disampaikan investigator KPPU , perseroan terkait diduga melanggar pasal 15 ayat 3 huruf b. Pasal tersebut memuat pelanggaran bagi pelaku usaha untuk membuat perjanjian mengenai harga dan potongan tertentu.

Tidak cuma itu, KPPU juga menengarai pelanggaran pada pasal 19 huruf a dan b yang melarang pelaku usaha untuk melakukan satu atau beberapa kegiatan yang dapat mengakibatkan terjadinya praktik monopoli atau persaingan usaha tidak sehat.

baca juga: Pangan Meroket, Andre Rosiade: Kami Minta Aparat Cek Lapangan, Pemerintah Operasi Pasar

Dikutip dari laman KPPU , perusahaan Tirta Investama dan Balina Agung Perkasa juga diberikan kesempatan dan waktu selama 30 hari untuk menyampaikan tanggapan atas laporan dugaan pelanggaran yang dimaksud dalam sidang pemeriksaan perkara yang dilakukan hari ini.

Sekaedar informasi, Tirta Investama selaku produsen Aqua dituduh melakukan praktik curang dengan melarang pedagang ritel menjual produk AMDK air mineral berlabe Le Minerale. Selain Tirta Investama, KPPU juga menyeret Balina Agung Perkasa sebagai distributor.(*)

baca juga: Penjualan Riil Tumbuh 1,8 Persen pada Oktober 2021, Kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Tertinggi

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa