Subsidi Rp815 Miliar Dikembalikan ke 1,9 Juta Pelanggan Listrik 900VA

Menteri ESDM, Ignasius Jonan
Menteri ESDM, Ignasius Jonan (Net)

KLIKPOSITIF -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan telah mengembalikan subsidi listrik (restitusi) sebesar Rp815 miliar kepada 1,99 juta pelanggan listrik golongan 900 Volt Ampere (VA).

Sebanyak 1,99 juta pelanggan ini merupakan pelanggan yang seharusnya berhak mendapatkan subsidi listrik , tetapi tidak menerima subsidi berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

baca juga: Kementerian ESDM Komunikasikan Aksi Mitigasi Bencana Lewat "Ngaboba"

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, restitusi itu dilakukan antara Januari hingga Juni di tahun ini. Restitusi ini dilakukan karena data TNP2K hanya menunjukkan 4,1 juta pelanggan listrik saja yang berhak. Padahal kenyataannya, ada 1,99 juta pelanggan yang masih butuh bantuan pemerintah.

"Di luar angka 4,1 juta pelanggan 900 VA yang mendapat subsidi, Ada 1,99 juta pelanggan yang kami anggap memang layak dapat subsidi 900 VA, tapi ini kelewatan, angkanya di luar 4,1 juta pelanggan," katanya.

baca juga: Hari Ini, Tarif Listrik untuk Golongan Rendah Turun, Ini Kriteria Pelanggan yang Dapat

Saat ini sebutnya, Kementerian ESDM tengah meminta persetujuan DPR untuk menambah anggaran subsidi listrik di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Penyesuaian (APBNP) 2017 dari Rp44,98 triliun menjadi Rp51,99 triliun.

Selain karena masih banyak pelanggan yang butuh subsidi, pertumbuhan anggaran ini disebabkan karena bertambahnya pelanggan baru 900 VA.

baca juga: Kabar Baik, Menteri ESDM Tetapkan Tarif Listrik Pelanggan Nonsubsidi Golongan Ini Turun

Menurut data Kementerian ESDM, saat ini terjadi penambahan pelanggan baru 900 VA sebanyak 2,44 juta pelanggan, sehingga penerima subsidi seharusnya bertambah dari 4,1 juta pelanggan ke angka 6,54 juta.

"Bahkan tak menutup kemungkinan nantinya pelanggan 900 VA akan bertambah lagi di semester II mendatang. Untuk memberi ruang anggaran bagi pertambahan pelanggan yang berhak menerima subsidi, kalau mau, ada penambahan jumlah penerima subsidi dari 6,54 juta pelanggan ke angka 7 juta di APBNP mendatang," pungkas Jonan.

baca juga: Kementerian ESDM Gelar Lomba Tulis Jurnalistik dan Fotografi, Ada Kategori Instagram dan Blogger

Sebagai informasi, anggaran subsidi listrik sebesar Rp44,98 triliun di dalam APBN ditujukan bagi 23,1 juta pelanggan 450 VA dan 4,1 juta pelanggan 900 VA dengan. Hingga semester I 2017, realisasi subsidi listrik tercatat Rp17,97 triliun atau 39,95 persen dari pagu anggaran.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa