Sumbar Raup Rp317,2 Miliar Dari Pajak Kendaraan Pada Semester I 2017

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Provinsi Sumatera Barat meraup pendapatan sebesar Rp317,2 miliar dari penerimaan pajak kendaraan pada semester I tahun 2017 ini. Jumlah ini terhitung melebihi dari target yang diharapkan pemerintah sebesar Rp290,8 miliar.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala UPT Pelayanan Pendapatan Provinsi Sumatra Barat Jaya Isman. Ia mengatakan penerimaan pajak tersebut bersumber dari Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pada kendaraan baru, bekas, plat kendaraan di luar Sumbar dan alat berat.

baca juga: Masuk Program Pamsimas, Warga Dusun Salak Pessel Akan Segera Nikmati Saluran Air Bersih

"Dari jumlah yang ada diperoleh masing-masing untuk kendaraan baru senilai Rp209,1 miliar dengan PKB Rp28 miliar dan BBNKB Rp 181,1 miliar," katanya.

Kemudian ia juga merinci untuk kendaraan bekas senilai Rp101,2 miliar, dengan PKB Rp99,9 miliar dan BBNKB Rp1,3 miliar. Sedangkan plat kendaraan di luar Sumbar senilai Rp6,7 miliar dengan rincian masing-masing PKB Rp5,7 miliar dan BBNKB Rp981,6 juta.

baca juga: Sebanyak 15 Orang Narapidana Lapas Pariaman Dikeluarkan, Ada Apa Gerangan ?

" Pajak dari alat berat senilai Rp46,2 juta hanya untuk pemasukan PKB. Jadi total keseluruhan jumlah PKB untuk kendaraan tersebut senilai Rp133,7 miliar dan BBNKB Rp183,4 miliar," ucapnya.

Kendati demikian, penerimaan pajak pada bulan Juni sebut Jaya Isman terbilang menurun karena bertetapatan dengan lebaran dan awal tahun ajaran baru sekolah, "Sehingga pada saat seperti itu masyarakat memutuskan untuk menunda pembayaran pajak ," ujarnya kemudian.

baca juga: Pemko Sebut Siwastaru Bisa Atasi Permasalahan Tata Ruang di Padang

Peningkatan penerimaan pajak ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yakni faktro pertumbuhan ekonomi masyarakat, serta pelayanan pajak yang optimal.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa