Pemprov Sumbar Raup Rp496 Miliar dari Pajak Kendaraan

Ilustrasi
Ilustrasi (TeRuCi)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat meraup penndapatan sebesar Rp496,1 miliar dari pajak kendaraan bermotor, yang tercatat hingga pada triwulan ketiga tahun 2017.

Kepala UPT Pelayanan Pendapatan Provinsi Sumbar , Jaya Isman mengatakan, pada periode ini pemerintah menargetkan penerimaan pajak senilai Rp437,4 miliar.

baca juga: Masuk Program Pamsimas, Warga Dusun Salak Pessel Akan Segera Nikmati Saluran Air Bersih

"Namun jumlah penerimaan telah berlebih atau meningkat dengan persentase 113,3 persen," katanya.

Penerimaan pajak tersebut bersumber dari Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pada kendaraan baru, bekas, plat kendaraan di luar Sumbar dan alat berat.

baca juga: Gubernur Sumbar Siapkan Langkah-langkah Penguatan Konversi Bank Nagari ke BNS

Dari jumlah tersebut kata dia, masing-masing untuk kendaraan baru senilai Rp330,1 miliar dengan PKB Rp43 miliar dan BBNKB Rp 286,1 miliar.

Kemudian untuk kendaraan bekas senilai Rp157,4 miliar, dengan PKB Rp155,3 miliar dan BBNKB Rp2 miliar.

baca juga: Sebanyak 15 Orang Narapidana Lapas Pariaman Dikeluarkan, Ada Apa Gerangan ?

"Sedangkan plat kendaraan di luar Sumbar senilai Rp8,4 miliar dengan rincian masing-masing PKB Rp6,8 miliar dan BBNKB Rp1,5 miliar," ucap dia.

Sementara pajak dari alat berat senilai Rp77,7 juta hanya untuk pemasukan PKB. Jadi total keseluruhan jumlah PKB untuk kendaraan tersebut senilai Rp206,2 miliar dan BBNKB Rp299,8 miliar.

baca juga: Pemko Sebut Siwastaru Bisa Atasi Permasalahan Tata Ruang di Padang

"Secara umum, penerimaan pajak dari awal tahun hingga September terbilang memuaskan," papar Jaya Isman.

Menurutnya, pencapaian target pajak kendaraan ini didasari oleh beberapa faktor diantaranya yakni tingkat ekonomi masyarakat, dan pelayanan kantor pajak yang memadahi.

Pada pelayanan yang diberikan saat ini, telah menyediakan berbagai inovasi untuk memberikan kemudahan si wajib pajak untuk membayar, seperti Pojok Pajak (Pajak Corner), Samsat Drive Thru, dan Samsat Anywhere.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa