Pemerintah Canangkan Kampanye Hemat Energi

Pemerintah Canangkan Kampanye Hemat Energi
Pemerintah Canangkan Kampanye Hemat Energi (http://benergi.com/)

KLIKPOSITIF - Pemerintah mencanangkan Gerakan Nasional Kampanye Hemat Energi Potong 10 Persen untuk menghemat energi .

"Sampai saat ini masih banyak masyarakat yang boros menggunakan energi , dan mari kita mulai dan terbiasa berhemat di rumah, kantor serta di mana pun berada," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said di Jakarta, Minggu 15 Mei 2016.

baca juga: Semen Padang Dorong Efisiensi Energi dengan Optimalisasi Pembangkit Sendiri

Ia mengatakan, perilaku masyarakat yang masih boros menggunakan energi sehingga harus dicoba untuk diubah, agar penggunaan energi yang seharusnya bisa dihemat dapat dilakukan

Berhemat energi , katanya lagi, bisa dilakukan dengan tiga langkah, yaitu matikan listrik jika tidak digunakan, gunakan peralatan elektronik hemat energi , serta jadikan gaya hidup setiap hari.

baca juga: Pandemi COVID-19, Momentum Transisi ke Energi Terbarukan

"Salah satu cara hemat energi saat menggunakan mesin pendingin atau AC adalah cukup dengan menyetel suhu 25 derajat Celsius," katanya. Gerakan kampanye tersebut, ujar dia, saat ini dimulai dari Jakarta dan secara bertahap akan dilakukan di 20 kota besar se-Indonesia.

Selain itu, kampanye juga akan dilakukan melalui berbagai media cetak dan elektronik, juga melalui maskapai penerbangan dan kereta api, serta memasang spanduk dan membagikan brosur.

baca juga: Anggaran Ratusan Triliun, DPR Soroti Masih Ada Ketimpangan Sasaran Penerima Subsidi Energi

"Kampanye tidak akan berhenti sampai akhir tahun ini, tapi akan dilakukan secara terus-menerus sampai masyarakat memahami dan melakukan hemat energi ," kata Sudirman.

Pertumbuhan konsumsi energi yang terus meningkat disertai dengan penurunan jumlah cadangan energi fosil, menurutnya, menuntut kesadaran segenap pihak pengguna energi untuk melakukan penghematan.

baca juga: Pertengahan Tahun, Pembangkit Combined Cycle Pertama Hadir di Indonesia

[Ant]

Penulis: Fitria Marlina