PTSP Salurkan Dana CSR Triwulan I Tahun 2016 Sebesar Rp 2,9 Miliar Kepada 128 Mitra Binaan

Kepala Departemen Komunikasi & Sarana Umum (KSU) PT Semen Padang, Ampri Satyawan, menyerahkan pinjaman CSR secara simbolis kepada perwakilan calon mitra binaan
Kepala Departemen Komunikasi & Sarana Umum (KSU) PT Semen Padang, Ampri Satyawan, menyerahkan pinjaman CSR secara simbolis kepada perwakilan calon mitra binaan (Humas PT Semen Padang)

KLIKPOSITIF -- PT Semen Padang melalui Corporate Social Responsibility ( CSR ), menyalurkan pinjaman Triwulan I 2016 sebesar Rp2,9 miliar lebih kepada 128 mitra binaannya di Gedung Serba Guna PT Semen Padang , Kamis, 31 Maret 2016.

Bantuan pinjaman tersebut, diserahkan secara simbolis oleh Kepala Departemen Komunikasi & Sarana Umum (KSU) PT Semen Padang , Ampri Satyawan, kepada perwakilan calon mitra binaan .

baca juga: Kongres ke-VIII FKKSPG Resmi Dibuka, Ampri Satyawan: Semoga Dapat Melahirkan Keputusan Strategis

Kepala Biro CSR PT Semen Padang , Dasril mengatakan, 128 mitra binaan tahap I tahun 2016 ini tersebar di sejumlah kabupaten dan kota di Sumbar. Diantaranya Bukittinggi, Dharmasraya, Padang, Pasaman, Peisisr selatan (Pessel) dan Tanah Datar. 

Untuk Bukittinggi, sebut Dasril, pihaknya menyalurkan pinjaman kepada tujuh mitra binaan dengan total pinjaman sebesar Rp197.500.000. Kemudian untuk Dharmasraya sebesar Rp560.000.000 untuk 29 mitra binaan dan Padang sebesar Rp 1.387.500.000 untuk 56 mitra binaan .

baca juga: Semen Padang Hospital Launching Vaksinasi COVID-19, 671 Nakes Siap Disuntik

Sedangkan untuk Pasaman, disalurkan pinjaman sebesar Rp 117.500.000 untuk enam mitra binaan, Kabupaten Pessel sebesar Rp 230.000.000 untuk sembilan mitra binaan, Tanah Datar Rp 150.000.000 untuk 14 mitra binaan dan Rp 287.500.000 untuk mitra binaan yang berada di sejumlah kabupaten dan kota lainnya di Sumbar. 

"Semua pinjaman dana bergulir dari CSR PT Semen Padang itu saat ini sudah diterima oleh masing-masing mitra binaan melalui rekening masing-masing mitra binaan ," kata Dasril disela-sela acara Penyaluran Pinjaman Triwulan I 2016.

baca juga: FKKSP Group Gelar Kongres, Dua Nama Bersaing Jadi Ketum

Setelah menyalurkan pinjaman ini, lanjut Dasril, pihaknya akan melakukan monitoring secara berkala untuk melihat kondisi usaha para mitra binaan . Setelah itu, pihaknya akan megevaluasi hasil usaha para mitra binaan untuk ditindaklanjuti dengan melakukan berbagai kegiatan yang diantaranya, pembinaan seperti pelatihan, promosi dan pameran.

"Artinya, PT Semen Padang melalui Biro CSR tidak serta merta menyalurkan bantuan pinjaman, tapi juga mengawal bagaimana para mitra binaan berhasil mengembangkan usaha yang dijalaninya, sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat," ujar Dasril.

baca juga: Peduli Mamuju, Yayasan Semen Padang Salurkan Bantuan Alat Medis untuk Penanganan Bencana

Ia juga menuturkan bantuan pinjaman yang diterima oleh mitra binaan ini, merupakan amanat dari Kementerian BUMN yang tertuang dalam Peraturan Menteri BUMN No.PER-09/MBU/07/2015 tentang Pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Melalui relugasi tersebut, tentunya Semen Padang punya kewajiban untuk membina para pelaku UMKM di lingkungan perusahaan melalui laba perusahaan yang disisihkan. Kemudian, laba itu dipinjamkan secara bergulir kepada para pelaku UMKM  yang telah memasukkan proposal permohonan pinjaman kepada Semen Padang melalui CSR .

"Tidak semua proposal yang masuk mendapatkan pinjaman CSR , karena sertiap proposal yang masuk diseleksi terlebih dahulu dengan melakukan survey atas UMKM -nya. Jika memenuhi syarat, barulah pinjaman dicairkan," terangnya.

Sebelum menyerahkan pinjaman tahap I 2016 ini, kata Dasril menambahkan, pihaknya juga memberikan pembekalan kepada mitra binaan tentang cara pembukuan atau pencatatan keuangan yang sederhana. Kemudian, mensosialisasikan peraturan dan pelaksanaan program kemitraan.

"Di samping itu, kami juga mengenalkan program E-Comerce yang merupakan media jual-beli online yang telah disiapkan oleh CSR Semen Padang untuk mitra binaan dalam menjual hasil produknya," tutur Dasril.

Sementara itu, Kepala Departemen KSU PT Semen Padang , Ampri Satyawan, berharap agar adanya kerjasama yang baik anatara mitra binaan dengan CSR Semen Padang , khususnya dalam pengembalian pinjaman dana yang diberikan CSR Semen Padang .

"Kalau pengembalian dana pinjaman lancar, maka akan memberikan peluang bagi pelaku UMKM lainnya yang belum mendapatkan pinjaman lunak dari CSR Semen Padang ," katanya.

Penulis: Riki