Jokowi: Kredit UMKM Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Ilustrasi UMKM
Ilustrasi UMKM (Istimewa)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyadari bahwa saat ini industri keuangan Indonesia belum bekerja optimal, khususnya perbankan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

Jokowi menilai ada ketimpang jika merunut pada IHSG, dan tingkat kemudahan berbisnis yang meningkat, namun pertumbuhan ekonomi negara malah jalan lambat.

baca juga: Pemerintah Anggarkan Rp122 Triliun untuk UMKM

"Kok kita (Indonesia) tidak bisa berlari cepat?," kata Jokowi . Ia menilai saat ini ekonomi negara justru sehat, hal itu didukung dengan data-data yang dirilis lembaga ekonomi dunia.

Menurut dia, sejumlah lembaga ekonomi dunia meyakini Indonesia akan tumbuh pesat, dan tanggapan tersebut bagi mantan Gubernur DKI Jakarta itu jelas mampu mendorong pertumbuhan pula.

baca juga: Presiden Sebut Pandemi Bukan Hambatan untuk Lakukan Reformasi Struktural.

"Apakah kita dengan ekonomi yang seperti ini mau jalan-jalan atau lebih cepat kedepannya. Lanjutkan untuk memacu pertumbuhan ekonomi setinggi-tingginya agar kita bisa cepat bergerak mengatasi masalah kita selama ini," ucapnya.

Terkait dengan hal itu, Presiden mengharapkan perbankan harus lebih berperan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas melalui penyaluran kredit yang lebih ekspansif terutama ke industry mikro, kecil, dan menengah.

baca juga: Joko Widodo Jadi Nama Jalan di Uni Emirat Arab, Analis: Jokowi Sangat Dihormati

"Jadi industri keuangan Indonesia sudah saling terhubung, baik perbankan , asuransi, bursa. Hanya kita harus memastikan bahwa tumbuhnya industry keuangan itu ikut mendorong perkembangan ekonomi yang berkualitas," papar Jokowi .

Secara tegas, Jokowi meminta agar segera menyalurkan dana yang telah dihimpun dari pihak ketiga untuk kredit , terutama Usaha Kecil Mikro dan Menengah ( UMKM ).

baca juga: Survei: Prabowo Jadi Menteri Terbaik Jokowi

"Karena sisi itu bisa mendorong pertumbuhan jika alurnya terjaga dan stabil," pungkasnya kemudian.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa