Petani Solsel Ungkap Hasil Panen Padi Organik

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

SOLSEL , KLIKPOSITIF -- Petani di daerah Simancuang, Nagari Alam Pauah Duo, Kabupaten Solok Selatan merasakan peningkatan hasil panen dengan menanam padi organik.

"Biasanya saya panen dengan hasil 600 padi dengan cara konfensional, selama menanam padi dengan cara organik ini meningkat menjadi 700 padi," ujar salah satu petani yang ditemui KLIKPOSITIF di daerah Simancuang, Yulnaldi (77).

baca juga: Pantauan Polres Solok Selatan, Minyak Goreng Kemasan Belum Satu Harga di Solsel

Ia mengatakan bahwa menanam padi secara organik juga mengurangi biaya operasional petani dalam mengelola sawahnya.

"Kalau secara konfensional, saya mengeluarkan uang biasanya mencapai Rp1 hingga Rp1,5 juta, dengan menanam padi secara organik saya hanya mengeluarkan sebanyak Rp500 ribu saja," lanjutnya.

baca juga: Pemerintah Diminta Segera Bayar Bulog, DPR: Harga Beras Jangan Seperti Minyak Goreng

Sejak menanam padi secara organik pada tahun 2016 lalu, ia telah memanen padinya sebanyak tiga kali dan ia mengatakan bahwa menuai hasil panen yang lumayan.

"Kalau hasil panennya lumayan lah dibanding menanam padi dengan cara konfensional dulu," sambungnya.

baca juga: Penambang Emas Tradisional di KPGD Berharap Kembali Bisa Menambang, Polisi: Kalau Ilegal Jelas Langgar Hukum

Ia mengatakan bahwa dengan menanam padi secara organik, dirinya hanya menggunakan pupuk kompos dari kotoran sapi yang ia pelihara.

"Pupuk yang saya gunakan seluruhnya dari kotoran sapi saja sehingga pengeluaran untuk membeli pupuk sudah tidak ada lagi," sambungnya.

baca juga: Jangan Terjebak Euforia Petani Milenial, Politisi PKS: Harus Ada Pendidikan Pertanian Sejak SD

Ia mengatakan, selama panen padi organik yang ia lakukan hanya untuk kebutuhannya dan keluarga saja. "Kalau saat ini masih untuk kebutuhan saja belum untuk dijual berasnya," lanjutnya.

Ia berharap kedepannya dirinya bisa memanen padi organik lebih banyak dari biasanya sehingga ia bisa menjual hasil panen yang ia peroleh nantinya.

[Halbert Caniago]

Penulis: Iwan R