Pemkab Pesisir Selatan Dorong Pertumbuhan Produksi Telur Itik

Ilustrasi peternak Telur Itik
Ilustrasi peternak Telur Itik (Antara)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mendorong pertumbuhan produksi telur Itik di daerah itu. Peningkatan pertumbuhan dilakukan dengan cara melakukan pembinaan terhadap peternak.

Peningkatan produksi dilakukan karena telur Itik salah satu sektor yang mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat di Pesisir Selatan .

baca juga: Raih Harapan I Apresiasi Pokdarwis Sumbar, Bupati Pessel Inginkan Hal Ini

"Khususnya kita akan fokuskan pengoptimalan pemeliharaan dari peternak. Sehingga dengan pemeliharaan ternak yang baik, hasil, produksi bisa lebih teratur," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pesisir Selatan , Hazrita pada KLIKPOSITIF , Selasa 30 Januari 2018.

Ia menjelaskan, peningkatan hasil produksi telur itik di Pesisir Selatan dari tahun ke tahun cukup baik.

baca juga: Sosiolog Hukum UIN IB Padang Sebut Persoalan Bupati Pessel Adalah Kecelakaan Akibat Kekosongan Hukum

Pertumbuhan produksi telur Itik kata Hazrita didukung dengan bertambahnya populasi itik setiap tahun.

"Angka populasinya (itik) pertahun tercatat mencapai 6.129 ekor. Perbandingan itu, kita lihat dari data perkembangan tahun 2015 sebanyak 147.921 ekor dan bertambah 154.050 ekor di tahun 2016," terangnya.

baca juga: Pria Tua ini Marah-marah Kepada Bupati Pessel, Endingnya Seperti Ini

Menurutnya, peningkatan populasi itu juga sejalan dengan hasil produksi telur. Pencapaian hasil produksi telur itik di daerah itu mencapai 13,5 juta butir dengan 845.734 kilogram dari tahun ke tahun.

"Jumlah produksi ini terlihat naik dari tahun sebelumnya (2015), dari 674.520 kilogram atau 10.792.320 butir. Dan meningkat menjadi 13,5 juta butir dengan 845.734 kilogram di tahun 2016 lalu," jelas dia kemudian.

baca juga: Lakukan Penanaman Demplot Bawang Merah, Bupati Pessel Harapkan Ini untuk Ekonomi Masyarakat

[Kiki Julnasri Priatama]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa