Keppres Ditandatangani Jokowi, KPPU Batal Bubar

Ilustrasi KPPU
Ilustrasi KPPU (Dok.Klikpositif)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Presiden Joko Widodo secara resmi telah memperpanjang masa kerja komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha ( KPPU ) hingga dua bulan kedepan.

Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 33/p Tahun 2018, dalam Keppres tersebut dijelaskan bahwa masa kerja komisioner diperpanjang hingga 27 April 2018 mendatang.

baca juga: Faktor Usia, Wagub Sumbar Tak Ikut Divaksinasi

Perpanjangan masa kerja oleh Presiden itu diungkapkan oleh Juru Bicara Presiden, Johan Budi. Ia mengatakan, perpanjangan tersebut dilakukan untuk menyikapi kabar pemberhentian operasional KPPU , kemarin.

Baca Juga:  Mulai Besok, Lembaga KPPU Resmi Berhenti Beroperasi

baca juga: Terungkap, Jokowi Ajukan Sosok Ini Jadi Calon Tunggal Kapolri ke DPR

Keppres ini merupakan perpanjangan kedua kali untuk komisioner sekarang. Masa jabatan komisioner 2012-2017 seharusnya sudah berakhir sejak 27 Desember 2017.

Menurut Johan, perpanjangan dilakukan karena DPR belum memulai uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon komisioner pilihan Pansel Komisioner KPPU .

baca juga: Presiden Jokowi Divaksin 13 Januari, Besoknya Giliran Gubernur Sumbar

Padahal kata dia, Jokowi telah mengirimkan 18 nama hasil pilihan Pansel kepada DPR sejak 22 November tetapi hingga kini belum membuahkan hasil.

"Jadi Presiden mengimbau Komisi VI segera menguji kelayakan dan kepatutan dalam masa sidang 5 Maret-27 April agar KPPU segera mendapat komisioner baru," pungkasnya.(*)

baca juga: Sama Dengan Jokowi, Irwan Prayitno Siap Divaksin Pertama Di Sumbar

Sumber: CNN Indonesia

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa