Indonesia Masuk Daftar Negara Terbaik Investasi 2018 di Dunia

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Kelompok Bank Dunia -U.S News melaporkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan status layak investasi di tahun 2018 ini.

Laporan tersebut dikutip dari laman resmi Kementerian Perekonomian. Dalam laporan itu, U.S News menulis bahwa status layak investasi diambil berdasarkan empat faktor.

baca juga: Tak Banyak Berubah, Emas Batangan Dijual Rp 933 Ribu Per Gram

Faktor itu adalah masyarakat, lingkungan, hubungan, dan kerangka negara. Menurut mereka empat faktor tersebut yang mendorong individu dan perusahaan untuk berinvestasi di sumber daya, pasar, teknologi, atau merek negara tertentu.

Kesimpulan dari laporan status investasi itu, U.S News mensurvei lebih dari 21.000 orang di seluruh dunia tentang 80 negara yang berbeda.

baca juga: Infrastruktur Merata, Investasi di Luar Jawa Semakin Meningkat

Surveri itu diukur berdasarkan 65 atribut yang berbeda, termasuk pengaruh budaya, kewirausahaan, dan kualitas hidup.

65 atribut tersebut adalah kewiraswastaan, stabilitas ekonomi, lingkungan pajak yang menguntungkan, inovasi, tenaga kerja terampil, keahlian teknologi, dinamisme, dan korupsi.

baca juga: Audy: Investasi Berdampak Positif Bagi Pergerakan Ekonomi Sumbar

Berdasarkan hasil survei, tanggapan 6.000 peserta survei-yang bertindak sebagai pengambil keputusan dalam bisnis di seluruh dunia-kemudian digunakan untuk menentukan peringkatnya.

Dari sisi hasil survei, Indonesia dikatakan layak investasi yang bergandengan dengan sejumlah negara besar seperti Polandia, Spanyol, United Kingdom, Belanda, Perancis, Brazil dan Irlandia.

Negara lainnya yang masuk dalam daftar itu adalah Filipina, Malaysia, Singapur, Australia, Thailand, India, Oman, Ceko, Finlandia, Uruguay, dan Chili.

baca juga: Satgas Waspada Investasi: Masyarakat Harus Waspadai Penawaran Investasi Kripto

Hasil laporan lengkapnya bisa dilihat  disini .(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa