Jokowi Dekati Selandia Baru dengan Kopi

Jokowi berpidato di hadapan pejabat Selandia Baru
Jokowi berpidato di hadapan pejabat Selandia Baru (Setkab)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Presiden Joko Widodo tengah mendekati Selandia Baru untuk membangun hubungan bilateral di segala sektor.

Dalam sebuah jamuan makan siang kenegaraan bersama Gubernur Jenderal Selandia Baru Dame Patsy Reddy di Government House, Wellington, Selandia Baru , Senin, Jokowi nyeletuk soal kopi Indonesia.

baca juga: Maksimalkan Pasar Luar Negeri, PT Semen Padang Ekspor 25.000 Ton Semen ke Australia

"Jangan lupa, jika minum kopi , minumlah kopi Indonesia," katanya. Tukasan Jokowi soal kopi tersebut kemudian disambut dengan tepuk tangan riuh semua orang yang hadir di jamuan tersebut.

Bagi mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, Indonesia punya prospek bagus untuk menekspor kopi ke Selandia Baru , karena masyarakat di negara persemakmuran Inggris tersebut punya kebiasaan minum kopi .

baca juga: Pernah Jadi Wakil Presiden Dua Era, JK Ungkap Beda Kepemimpinan SBY dan Jokowi

"Saya langsung berpikir Indonesia harus dapat mengekspor lebih banyak kopi ke Selandia Baru ," ucap Jokowi .

Indonesia sendiri, lanjut Presiden, merupakan salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Indonesia memiliki banyak jenis kopi , mulai dari kopi bali, kopi sumatra, kopi jawa, kopi toraja, hingga kopi luwak.

baca juga: Pemerintah Tetapkan Libur Nasional dan Cuti Bersama 2021

"Masing-masing kopi ini memiliki cita rasa keunikan yang berbeda. Saya mendengar kopi sumatra dan kopi jawa barat cukup populer di sini," sebut dia.

Melalui cerita tentang kopi tersebut, Jokowi yakin Indonesia bisa lebih merekatkan hubungan bilateral dengan Selandia Baru . Hal itu tentunya juga akan mendukung pertumbuhan ekspor negara.

baca juga: Jokowi Video Call dengan Guru SMPN 7 Padang, Bahas Belajar Masa Pandemi

"Diplomasi kopi akan menjadi perekat baru hubungan bilateral kita. Hubungan bilateral yang baik yang sudah terjalin selama 60 tahun," pungkasnya kemudian.(*)

Sumber: Setkab

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa