Penjualan Kopi Indonesia di Selandia Baru Tembus USD6 Juta

Jokowi berpidato di hadapan pejabat dan buyers Selandia Baru
Jokowi berpidato di hadapan pejabat dan buyers Selandia Baru (Setkab)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Diplomasi untuk kerjasama bilateral yang dilakukan Jokowi di Selandia Baru , Senin 19 Maret kemarin membuahkan hasil. Hasil positif tersebut paling dirasakan pada penjualan kopi.

Seperti diketahui sebelumnya, saat berpidato di hadapan beberapa pejabat Selandia Baru , Jokowi sempat menukaskan kualitas kopi Indonesia .

baca juga: Video Tanam Mangrove Serentak di Sumbar Ditontonkan ke Presiden Jokowi

Namun ternyata, tukasan Jokowi tersebut memang dibuktikan dengan hasil penjualan kopi saat kunjungan itu. Hal itu juga didukung budaya masyarakat Selandia Baru yang suka minum kopi.

"Saya tahu bahwa masyarakat Selandia Baru punya budaya minum kopi, dan ini bisa menunjang ekspor kopi lokal Indonesia . Apalagi sebelumnya memang kopi kita cukup laku disini," katanya.

baca juga: Jelang Pilkada Serentak, Jokowi: Jangan Malah Menimbulkan Klaster Baru COVID-19

Dalam forum bisnis tersebut tercatat penjualan produk Indonesia sebesar USD 9,7 juta dan USD 6 juta diantaranya didapat dari kopi.

Selain kopi, produk yang dipromosikan Jokowi terhadap para buyers Selandia Baru adalah minyak kelapa sawit, energi terbarukan, dan jasa tenaga kerja.

baca juga: Presiden Ingin Libatkan Ibu-ibu PKK Sosialiasi Protokol Kesehatan ke Masyarakat

Kendati kopi laku keras, Indonesia sebut Jokowi juga berharap agar komoditas lain seperti mangga, pisang, dan nanas juga dapat diterima di sana.

Selain itu, Jokowi juga meminta perhatian terhadap ekspor pakan hewan yang berasal dari ampas kelapa sawit agar tidak diganggu dengan hambatan non tarif.(*)

baca juga: Telepon Raja Salman, Jokowi Apresiasi Penyelenggaraan Ibadah Haji di Tengah Pandemi

Sumber: Setkab

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa