Kemenperin: Butuh Upaya Strategis Tingkatkan Industri Kopi Olahan

Ilustrasi kopi
Ilustrasi kopi (Net)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Kementerian Perindustrian tengah berupaya meningkatkan kinerja industri nasional di sektor pengolahan kopi . Untuk mendukung hal tersebut, Kemenperin membutuhkan upaya yang strategis.

Dirjen Industri Agro Kemenperin Panggah Susanto mengatakan, salah satu upaya yang bisa dilakukan pemerintah adalah melalui penggunaan teknologi yang meningkatkan efisiensi dan inovasi.

baca juga: 9 Manfaat Unik Kopi

Kemudian peningkatan kualitas produk dengan penerapan sistem manajemen mutu dan keamanan pangan, serta pengembangan diversifikasi produk menyesuaikan dengan permintaan pasar.

"Dengan potensi pasar di dalam negeri yang masih berkembang, kebijakan pengembangan industri pengolahan kopi di dalam negeri yang juga perlu dijalankanadalah peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) seperti barista, roaster, dan penguji cita rasa atau cupper," katanya.

baca juga: Kawasaki ZX-25R Mendapat Sentuhan Baru, Tampilan Makin Kinclong

Selanjutnya menurut dia, perlu dilaksanakan secara terintegrasi peningkatan nilai tambah biji kopi di dalam negeri dan peningkatan mutu kopi olahan terutama kopi sangrai (roasted bean) melalui penguasaan teknologi roasting.

"Salah satu upaya yang dilakukan Kemenperin dalam peningkatan kompetensi SDM,yakni pada tahun 2017 Kemenperin telah menyusun Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) untuk industri pengolahan kopi ," paparnya.

baca juga: Pentingnya Perlindungan Kekayaan Intelektual Bagi Pelaku Industri

Panggah menambahkan, pihaknya giat mendorong industri pengolahan kopinasional untuk memperluas pasar ekspor khususnya ke emerging countries seperti Asia, Timur Tengah dan Afrika selain negara tujuan ekspor tradisional.

"Diharapkan di masa depan, Indonesia dapat menjadi eksportir utama roasted bean di Asia dan dunia," pungkas dia.

baca juga: Siapkan Langkah Terjun ke Industri Mobil Listrik, Sony Sedang Mencari Mitra

Sebelumnya diberitakan bahwa, Kementerian Perindustrian mencatat, ekspor kopi olahan Indonesia pada tahun 2017 lalu berhasil membukukan nilai mencapai 469 juta dolar AS.

Jumlah itu terbilang meningkat 10 persen dari tahun sebelumnya. Ekspor produk kopi olahan dalam negeri didominasi oleh kopi instan, ekstrak, esens dan konsentrat kopi yang tersebar ke bebarapa negara tujuan ekspor utamanya di Asean, Iran, dan Uni Emirat Arab.(*)

Sumber: Kemenperin

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa