Sony Beli EMI Music Publishing Sebesar $ 1,9 M

Raksasa hiburan Jepang Sony mengumumkan kesepakatan senilai $ 1,9 miliar untuk membeli titan industri EMI Music Publishing
Raksasa hiburan Jepang Sony mengumumkan kesepakatan senilai $ 1,9 miliar untuk membeli titan industri EMI Music Publishing (alhurriyat)

KLIKPOSITIF - Raksasa hiburan Jepang Sony mengumumkan kesepakatan senilai $ 1,9 miliar untuk membeli titan industri EMI Music Publishing, yang memiliki hak atas lagu-lagu seperti Queen dan Pharrell Williams.

Kesepakatan menambahkan katalog lebih dari dua juta lagu, termasuk beberapa hits terbesar dari abad ke-20, ke repertoar Sony merupakan hal yang sangat besar.

baca juga: Ingin Kuasi Industri Mobil Listrik, Huawei Tanam Modal Rp 14,6 triliun

Kesepakatan itu adalah kesepakatan besar pertama Sony di bawah CEO baru Kenichiro Yoshida, yang mencatat bahwa bisnis musik menikmati "kebangkitan" dalam beberapa tahun terakhir karena layanan streaming yang disediakan oleh perusahaan seperti Spotify dan Apple.

"Dengan pembelian ini, Sony menjadi salah satu perusahaan penerbitan musik terbesar, baik dalam nama dan kenyataan," kata Yoshida.

baca juga: Spotify Sediakan Konten Khusus Ramadan

Sony mengatakan telah menandatangani kesepakatan dengan perusahaan investasi yang berbasis di Abu Dhabi, Mubadala, untuk membeli 60 persen kepemilikannya, memberikan perusahaan Jepang itu saham sekitar 90 persen.

Kesepakatan nilai EMI Music Publishing di $ 4,75 miliar. Penutupan transaksi juga disetujui dalam beberapa hal pengaturan yang ada. EMI merupakan perusahaan penerbitan musik terbesar kedua berdasarkan pendapatan dan mengelola sekitar dua juta lagu, termasuk klasik oleh orang-orang seperti Queen, Sam Smith dan Pharrell Williams.

baca juga: Hari Kedua Ramadan, Harga Emas Mulai Naik

Adapun Sony, sudah memiliki 2,3 juta hak cipta termasuk katalog Beatles, serta menjadi pemain besar di bidang TI, komunikasi, film dan game.

Sumber: Alhurriyat

baca juga: Insiden Kapal Evergreen di Terusan Suez, Otoritas Minta Ganti Rugi Rp 13 Triliun Lebih

Penulis: Fitria Marlina