Suzuki dan Toyota Patungan Bangun Bisnis Baru

Ilustrasi
Ilustrasi (Dok.Klikpositif)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Dua perusahaan otomotif besar Jepang, Suzuki dan Toyoa sepakat menggarap usaha baru dengan cara patungan. Usaha tersebut khususnya di bidang pengembangan teknologi, produksi kendaraan, serta pengembangan pemasaran.

Kesepakatan untuk membangun bisnis baru ini merupakan lanjutkan perjanjian kerjasama yang telah dibangun kedua perusahaan sejak tahun 2017 lalu.

baca juga: Jadi Juara Dunia MotoGP 2020, MIr Tak Sabar Nantikan Kemunculan Marquez

The Hindu Business Online melaporkan bahwa, Toyota dan anak perusahaannya akan memberikan dukungan teknologi kepada Suzuki dalam soal pengembangan powertrain efisiensi tinggi dan ultra-efisiensi.

Sementara itu, Toyota Kirloskar Motor Private (TKM), diatur untuk memproduksi model Suzuki untuk dijual melalui jaringan merek Toyota dan Suzuki .

baca juga: Bermasalah, Toyota Supra dan BMW Z4 Kena Recall

Terakhir, model Suzuki , termasuk yang dibuat oleh TKM, akan didistribusikan dari India ke Afrika dan pasar lainnya melalui jaringan penjualan Toyota dan Suzuki .

" Suzuki adalah perusahaan Jepang pertama yang memasuki India, dan hadir untuk menarik masyarakat otomotif India,” kata Akio Toyoda, Presiden Toyota seperti dilansir dari Paultan.

baca juga: MotoGP 2020 Berakhir, Berikut 7 Catatan Menarik Tahun Penuh Kejutan Ini

Sementara itu Osamu Suzuki , Chairman Suzuki mengatakan dirinya sangat senang menerima dukungan untuk pengembangan powertrain efisiensi tinggi dan ultra-tinggi yang sangat penting bagi perusahaannya.

"Saya berharap proyek bersama ini akan memberikan kontribusi bagi keberhasilan kedua perusahaan di masa mendatang. Tidak hanya di India, namun di pasar global," sebut dia.

baca juga: Mir Kian Dekat Menjadi Juara Dunia MotoGP

Di masa mendatang, mesranya kedua raksasa otomotif Jepang ini diharapkan akan berlanjut di sektor logistik dan layanan konsumen.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa