Mendes PDTT: Dalam 3,5 Tahun, Jumlah Desa Tertinggal Menurun

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Eko Fajri)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Menteri Desa , Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengatakan dalam kurun waktu 3,2 tahun, jumlah desa tertinggal di Indonesia menurun.

Tercatat, saat ini jumlah desa tertinggal menjadi 8.035 yang telah terentaskan melalui program pembangunan desa menggunakan dana desa .

baca juga: Antisipasi Pengangguran, Desa di Pariaman Beri Pelatihan Pada Puluhan Warga

"Sebanyak 8.035 desa tertinggal telah terentaskan. Itu artinya, target pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019 untuk mengurangi 5.000 desa tertinggal telah terpenuhi," katanya dikutip dari laman resmi Kemendes PDTT.

Eko menjelaskan, program tersebut tidak hanya mengentaskan desa tertinggal saja, lanjutnya, pergeseran status dari desa berkembang menjadi desa mandiri juga semakin meningkat.

baca juga: Pembangunan GSG Pariaman Baru 30 Persen, Pemda Cari Dana Rp14 Miliar lagi ke Pemerintah Pusat

"Sebanyak 2.318 desa statusnya telah menjadi desa mandiri. Capaian ini juga sudah memenuhi target di dalam RPJMN yaitu meningkatkan 2.000 desa mandiri," sebut dia.

Terkait dengan pembangunan daerah tertinggal, hingga sampai akhir Tahun 2017, sebut Eko, dari total 122 daerah tertinggal sebanyak 59 daerah berpotensi terentaskan.

baca juga: Wabup Risnawanto Sebut Pembangunan di Pasbar Tak Lepas dari Dukungan Tokoh Adat

"Kami optimistis akan terentaskan pada akhir 2019. Karena kami telah memberikan perhatian khusus untuk mengentaskan ke 59 daerah tertinggal tersebut," pungkasnya kemudian.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa