Begini Cara Bikin Usaha Anda Terkenal dengan Cara yang Efektif

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Bagi Anda yang baru merintis sebuah usaha, tentu langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempromosikan produk bisnis Anda ke masyarakat. Bagi setiap pengusaha, promosi atau pemasaran produk dilakukan dengan berbagai strategi.

Strategi promosi ini sangat bergantung pada kecakapan Anda sebagai pebisnis dalam menentukan cara-cara yang efektif dan kreatif agar produk bisnis Anda bisa dikenal lebih cepat, sehingga bisa menopang pendapatan dari modal yang telah dikeluarkan.

baca juga: Usai Turun ke Level Terendah, Harga Emas Dunia Mulai Bangkit

Nah, bicara soal kreatifitas pemasaran , ada satu strategi yang harus Anda pahami yang mungkin bisa berguna bagi Anda untuk mengenal target dan membuka pintu ke konsumen. Strategi tersebut adalah Viral Marketing.

Viral marketing adalah proses penyebaran sebuah pesan elektronik yang menjadi saluran untuk memberikan informasi suatu produk kepada masyarakat secara meluas dan berkembang.

baca juga: Harga Emas Turun Lagi, Dekati Rp1 Juta Per Gram

Viral marketing berkembang melalui jaringan internet, yang menduplikasikan dirinya menjadi semakin banyak seperti cara kerja sebuah virus komputer. Karena itulah di dalam penggunaannya, viral marketing memerlukan koneksi jaringan internet.

Cara Kerja Viral Marketing
Viral marketing bekerja dengan cara menyebarkan informasi melalui database pengguna internet yang telah terdaftar untuk digunakan secara massal. Misalnya dari situs web elektronik gratis seperti Yahoo, Hotmail, dan Gmail yang memberikan pelayan email gratis dan memberikan berbagai penawaran produk bersamaan dengan layanan email tersebut.

baca juga: Masalah Pada Pompa Bahan Bakar, Mazda Recall Puluhan Ribu Mobil

Bentuk strategi dari viral marketing ini merupakan strategi pemasaran modern yang menjanjikan ketenaran produk yang dipasarkan. Apalagi, masyarakat selalu terhubung dengan koneksi internet untuk mengakses fitur gratis.

Ide kreatif sangat diperlukan dalam jenis pemasaran ini karena pengguna internet cukup pintar dalam memilah konten yang murni sebagai informasi dan mana yang merupakan sebuah strategi bisnis atau iklan.

baca juga: Sertifikat Halal, Sri Mulyani Minta Jangan Bebani Industri

Fungsi Viral Marketing
Viral marketing berfungsi untuk mendorong seseorang agar menyampaikan kembali pesan atau informasi produk secara kuat, berkala, dan berkelanjutan. Dengan cara tersebut, konsumen jadi memiliki daya ingat yang kuat terhadap produk yang ditawarkan.

Viral marketing sendiri sebenarnya mirip dengan strategi marketing dari mulut ke mulut, atau yang biasa disebut dengan word of mouth. Cara ini cukup efektif, mengingat kebanyakan masyarakat lebih mempercayai sebuah produk yang direkomendasikan dari teman atau orang terdekat lainnya.

Poin Dasar dari Viral Marketing
Ada baiknya jika Anda mengenal terlebih dahulu mengenai beberapa poin dasar dari viral marketing. Poin-poin tersebut ialah:

BACA SELENGKAPNYA DISINI

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa