Pengusaha IKM Harus Lakukan Hal Ini untuk Kembangkan Bisnis

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumbar meminta pengusaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) harus memanfaatkan cara-cara baru untuk mengembangkan bisnisnya di era milenial ini.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Menurut dia, persentase IKM di Sumatera Barat saat ini meningkat cukup pesat, sehingga pengusaha-pengusaha dituntut untuk lebih inovatif dari sisi pemasaran.

baca juga: Wagub Sumbar Sebut Lomba Vlog Prokes untuk Antisipasi Penyebaran COVID-19

Namun, pengusaha juga tetap menggunakan teknik pemasaran secara konvensional. Trik untuk memasarkan produk IKM yang lebih efektif saat ini bagi dia adalah dengan memanfaatkan layanan internet.

"Penggunaan layanan internet untuk pemasaran saat ini sangat tepat, tanpa harus meninggalkan cara-cara yang tradisional. Sebab, aktifitas masyarakat saat ini cenderung pakai teknologi internet," katanya.

baca juga: Wagub Sumbar Minta Atlet Rutin Swap PCR Sebelum Berangkat PON

Selain untuk mendongkrak pemasaran, mantan Bupati Pesisir Selatan itu juga menjelaskan bahwa pengusaha juga bisa mendapatkan peluang usaha baru yang lebih menggiurkan.

"Ini dapat saling menguntungkan. Baik penggiat teknologi maupun pelaku IKM, penggiat teknologi aplikasinya dapat dimanfaatkan pelaku IKM untuk menampilkan produknya di layanan yang ada," jelas dia.

baca juga: Ombudsman Sumbar: Pusat dan Daerah Punya Kewenangan Masing-masing dalam Penanganan COVID-19

Sejauh ini, di Sumatera Barat sendiri, baru 20 persen IKM yang menggunakan layanan daring untuk memasarkan produknya. Dengan begitu, pengusaha perlu diberikan bimbingan teknis.

"Adanya pemasaran melalui teknologi internet maka produk IKM ini dapat dikenal dalam negeri maupun luar negeri," ulas dia.

baca juga: Peringatan HUT RI ke-76 tahun, Gubernur Sumbar Ajak Pasang Bendera Merah Putih Sebulan Penuh

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar, Asben Hendri menilai, penggunaan layanan internet ini bisa mempersingkat jarak antara pengusaha dengan pembeli.

"Jadi, sistem online ini akan mempermudah transasksi. Maka diharapkan pelaku IKM ini agar dapat melek kepada pemasaran dengan sistem teknologi internet," pungkasnya kemudian.

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa