Euforia Pengampunan Pajak Dorong Penguatan Saham Hari Ini

Ilustrasi
Ilustrasi (http://www.mitrainvestor.co.id/)

KLIKPOSITIF - Pergerakan harga saham jelang libur panjang hari ini, Jumat (1/6) di Bursa Efek Indonesia (IHSG BEI) naik 10,97 poin atau 0,22 persen menjadi 5.027,61 poin.

Sementara kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak naik 2,7 poin (0,32 persen) menjadi 863,45.

baca juga: IHSG Kembali Menguat Pada Pembukaan Hari Ini

Wakil Presiden Riset dan Analisis Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere mengatakan kenaikan IHSG yang didukung euforia kebijakan pengampunan pajak telah mendorong kenaikan cukup tinggi.

"Pengampunan pajak memicu euforia di pasar saham Indonesia. Karena investor mamandang positif kebijakan pemerintah ini," katanya.

baca juga: IHSG Mengalami Penguatan di Hari Pertama PSBB Total Jakarta

Dilansir dari laman Ant, kondisi pasar global yang penuh ketidakpasatian bisa saja disikapi pelaku pasar dengan mengamankan portofolio lewat pelepasan guna mengantisipasi kemungkinan adanya dampak negatif dari pasar global selama liburan.

"Kondisi itu dapat mendorong terjadinya tekanan bagi IHSG," katanya.

baca juga: Besok PSBB Diterapkan, IHSG Anjlok 4,26 Persen

Seementara itu, Kepala riset Universal Broker Indonesia Satrio Utomo mengatakan, derasnya aliran dana asing setelah DPR menyetujui pengesahan undang-undang tentang pengampunan pajak sepertinya tetap akan menjaga sentimen positif untuk jangka menengah.

"IHSG saat ini sedang berada dalam tren naik. Kami juga melihat peluang yang cukup bagus bahwa tren naik ini masih akan berlanjut hingga setelah libur Lebaran," katanya.

baca juga: Transaksi Kamis Ini, IHSG Bakal Bergerak Melemah

Di tingkat regional, indeks Bursa Hang Seng menguat 358,25 poin (1,75 persen) ke level 20.794,37; indeks Nikkei naik 79,98 poin (0,51 persen) ke level 15.655,90; dan Straits Times menguat 1,06 poin (0,04 persen) ke posisi 2.842,75.

Penulis: Ramadhani