Jeruk Pasaman Masih Manis, Cobalah!

Jeruk Pasaman
Jeruk Pasaman (Joni Abdul Kasir/KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF - Kulitnya tipis, rasanya manis dan tidak berbiji. Rasa­nya yang enak dan manis m­e­nga­lahkan produk impor dan itu terbukti di pasaran, baik pa­sar lokal maupun luar daerah.

Ya, itulah Jeruk Pasaman yang kini muncul kembali di Pasa­man Barat, semenjak setahun terakhir ini. Tidak hanya di kawasan Pasaman Barat dan sekitarnya, tapi kini Jeruk Pasa­man juga telah hadir di provinsi tetangga, Riau.

baca juga: Baguna PDIP Bantu Sembako Untuk Warga Korban Banjir di Kinali Pasbar

Memang, sekitar sepuluh tahun yang lalu Jeruk Pasaman  tenggelam di pasa­ran. Akibat serangan hama, ratusan hek­tare kebun jeruk warga di Pasa­man Barat, mati dan buahnya berguguran.

Kini, jeruk yang dulu amat terkenal itu muncul kembali memberi harapan baru bagi masyarakat Pasaman Barat. Kendati produksinya belum sebanyak  sepuluh tahun silam, tapi rasa jeruknya tidak berubah sama sekali.

baca juga: Viral Video Pemukulan Siswa Berseragam SMP di Pasbar, Polisi Periksa Sejumlah Pihak

Di pasar Pasaman Barat, sudah tidak ada lagi jeruk lain yang dijual pedagang. Semua pedagang buah menjual Jeruk Pasaman. Jumlahnyapun ber­kem­bang pesat. Sangat mudah untuk mendapatkannya, karena banyak tersedia di pinggir jalan, di pasar, bahkan warga Pasaman Barat bisa menunggunya di depan rumah, karena ada penjual jeruk asongan yang akan datang.

Jika anda melewati jalur mudik dari arah Padang-Bukittinggi sekitarnya menuju Pasaman Barat, tidak ada salahnya anda mencoba jeruk khas  Pasaman ini. (Buyung)

baca juga: Video Pemukulan Siswa Berseragam SMP di Pasaman Barat Viral di Facebook

Penulis: Iwan R