Tiga Tips untuk Pemula Memulai Usaha Kecil-kecilan

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Memulai membangun bisnis sendiri terdengar seperti ide yang cukup bagus. Tetapi kebanyakan orang tidak tahu ingin memulainya dari mana.

Untuk dipahami, ide bisnis , pengembangan strategi dan pembiayaan menjadi ujung tombak untuk memulai bisnis dari nol. Dikutip dari Thriveglobal, kecekatan dan ketepatan mengambil keputusan sangat dibutuhkan untuk memulai bisnis .

baca juga: Bicara Tentang "Penyakit" Korupsi, Ini Kata Menkeu

Bagi pemula yang ingin memulai usaha, berikut ini tiga tips untuk memudahkan bagaimana memulai bisnis .

1. Cermat Memilih Ide

baca juga: Tak Banyak Berubah, Emas Batangan Dijual Rp 933 Ribu Per Gram

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu memilih ide. Ini tidak hanya memilih jenis produk atau layanan yang ingin Anda tawarkan. Di sini pebisnis harus memutuskan jenis bisnis apa yang paling sesuai dengan idenya.

Untuk memutuskan ide harus dengan cermat dan seksama. Jangan terburu-buru dalam proses ini. Memulai bisnis bukanlah perlombaan. Yakinkan ide bisnis untuk mengambil langkah selanjutnya.

baca juga: Produk Halal Jadi Keunggulan Kompetitif UMKM Indonesia di Pasar Internasional

2. Kembangkan Rencana Bisnis

Setelah yakin dengan jenis bisnis yang ingin Anda jalankan, tulis rencana bisnis secara terperinci. Rencana bisnis akan menjadi sangat penting ketika mendapatkan biaya dan merekrut karyawan berpengalaman untuk bergabung dengan usaha bisnis baru. Pebisnis harus merinci semua tujuan selama lima tahun ke depan dan bagaimana cara mencapainya.

baca juga: Investor Tak Lagi Khawatir Covid-19 Varian Omnicron, Harga Minyak Dunia Terus Menguat

3. Daftarkan Legalitas Bisnis Anda

Memiliki legalitas perusahaan merupakan langkah yang harus serius dipertimbangkan. Anda harus mendapatkan izin dan lisensi bisnis dan mematuhi peraturan tertentu. Tujuannya, untuk meminimalisir risiko hukum yang akan muncul di kemudian hari ketika usaha Anda berjalan. (*)

Penulis: Eko Fajri