Korea Selatan Tertarik Tanam Kenaf di Pasaman Barat

Kebun Kenaf di antara perkebunan sawit
Kebun Kenaf di antara perkebunan sawit (Net)

PASAMAN BARAT , KLIKPOSITIF -- Salah satu investor dari Korea Selatan melirik Kabupaten Pasaman Barat untuk menginvestasikan penanaman tanaman Kenaf di daerah itu. Itu merupakan tanaman jenis umbian yang punya banyak manfaat.

Lirikan investasi itu pun disambut positif oleh pemerintah kabupaten, Wakil Bupati Pasaman barat, Yulianto mengatakan, investasi dari tanaman itu bisa mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

baca juga: Seorang Anggota DPRD Pasaman Barat Positif Corona

"Selama investasi itu bisa meningkatkan kualitas hidup dan perekonomian masyarakat, kami siap menerimanya," katanya.

Untuk penanaman tanaman Kenaf ini, Yulianto pun menyebutkan agar tumbuh-tumbuhan tersebut bisa singkron dengan tanaman kelapa sawit yang telah mendominasi di Pasaman Barat .

baca juga: Tuduhan Penyaluran BPUM Ditunggangi, Ini Klarifikasi Kadis Koperindag Pasbar

"Investor juga diharapkan memahami kondisi masyarakat Pasaman Barat ," ujar Yulianto. "Di sini banyak sawit, beberapa di antaranya area perkebunan tersebut juga milik masyarakat, jadi kalau mau menanam diharap bisa singkron dengan tumbuhan yang ada," tambahnya.

Sementara itu, investor asal korea Selatan Myungwan Shing, memaparkan bahwa tanaman Kenaf tidak membutuhkan lahan yang terlalu subur. Sebab, tanaman tersebut tidak jauh berbeda dengan tanaman ubi.

baca juga: Masuki Libur Panjang, Harga Emas Batangan Stagnan

"Paling menonjol sekali dari tanaman ini adalah manfaatnya. Tanaman Kenaf bermanfaat seluruh strukturnya. Bisa dibuat obatan, masker, dan sejuta manfaat lainnya. Selain itu, tanaman ini juga cepat panen yakni sekali empat bulan panen," jelas dia.

Disamping itu dia mengungkapkan, kerjasama tanaman Kenaf ini sudah dimulai penjajakan dari Kabupaten Pasaman. Dipilihnya kedua wilayah ini karena lahannya masih luas.

baca juga: Awal Pekan Harga Emas Batangan Turun Tipis

"Kabupaten Pasaman kami sudah melakukan penandatanganan MoU. Sekarang kami ingin melakukan hal yang sama dengan Pasaman Barat ," pungkasnya kemudian.

Di sisi lain, Kenaf atau nama lain juga bisa disebut Yute jawa ini telah lama dikenal di Indonesia, dan India.

Sekarang ini, kebun Kenaf banyak didapati dan tersebar luas di wilayah tropis. Tempat asalnya diduga dari Afrika tropis. Tumbuhan ini mempunyai perkebunan di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Aceh.

Serat dari Kenaf sendiri yang paling utama digunakan untuk tali, pakaian, dan kertas. Selain itu, kenaf juga dijadikan kayu rekayasa, insulasi bangunan, campuran media tanam, mulsa, bahan pengemasan, dan bahan penyerap minyak dan cairan.

Di Amerika Serikat, Kenaf dibudidayakan terutama untuk dijadikan lantai kandang dan pakan hewan ternak.

Kemudian biji Kenaf sendiri menghasilkan minyak nabati yang dapat digunakan untuk kosmetika, pelumas industri, dan produksi biofuel.

Minyak biji Kenaf mengandung asam lemak tak jenuh ganda, terutama asam linoleat, yang diketahui memiliki efek positif bagi kesehatan manusia.

[Irfan Pasaribu]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa