Tindaklanjuti Instruksi Presiden Terkait Jalur Kereta Api, Pempov Sumbar Akan Duduk Bersama dengan Gubernur Tetangga

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo terkait penuntasan pekerjaan jalur kereta api di Sumbar yang terkoneksi dengan provinsi tetangga, Pemprov Sumbar berencana akan duduk bersama dengan gubernur provinsi tetangga, seperti Riau, Jambi, Sumut dan Bengkulu.

"Saat Presiden berlebaran di Sumbar, instruksi soal kereta api itu sudah beliau sebut juga. Untuk menindaklanjutinya, maka kami (Pemprov Sumbar,red) akan duduk bersama yang dengan kepala daerah provinsi tetangga," kata Wagub Sumbar, Nasrul Abit, Rabu, 13 Juli 2016.

baca juga: Percepat Pembangunan Tol Trans-Sumatera, Pemerintah Masih Butuh Tambahan Pendanaan Rp386,76 Triliun

Sebelum melakukan peretemuan dengan gubernur provinsi tetangga, Ia juga menuturkan bahwa Pemprov Sumbar terlebih dahulu akan menuntaskan persoalan kereta api di Sumbar. "Kita selesaikan dulu yang di dalam (kereta api di Sumbar) baru kita pikirkan yang di luarnya," ujar Nasrul Abit.

Kemudian ketika ditanya apakah sudah melakukan komunikasi dengan gubernur tetangga, mantan Bupati Pesisir Selatan itu menyebut belum ada. Kendati demikian, transportasi kareta api merupakan pilihan yang tepat untuk menghubungkan Sumbar dengan provinsi yang ada di Sumatera, karena kereta api adalah transportasi hemat biaya dan bebas hambatan seperti kemacetan.

baca juga: Jokowi: Akhir 2019, Lebih Banyak Lagi Infrastruktur yang Bisa Dimanfaatkan

" Konektivitas Sumatera melalui kereta api sudah menjadi agenda Kementerian Perhubungan, tentunya hal ini kami dukung. Sebagai bentuk dukungan kami, saat ini di Sijunjung tengah dilakukan pekerjaan untuk menghidupkan kembali jalur kereta api yang sudah lama tak berfungsi," katanya.

Sementara itu, Ketua Masyarakat Peduli Kereta Api Sumatera Barat (MPKAS), Kurnia Chalik, mebeberkan proyek jalur kereta api di Sumbar. Pertama, kata dia, jalur Padang Panjang-Bukittinggi-Payakumbuh-Limbanang. Saat ini jalur tersebut dalam tahap DED.

baca juga: Hari Ini, Jokowi Resmikan Tol Trans Sumatera

Kedua, jalur kereta api Pariaman-Nareh yang merupakan jalur yang telah ada, namun masih menunggu kedatangan rangkaian lokomotif. Kemudian ketiga, jalur perintis Lubuk Alung-Kayu Tanam.

"Jalur ini sudah selesai dikerjakan dan tinggal menunggu peresmian," bebernya. Untuk jalur kereta api wisata Danau Singkarak-Padang Panjang-Solok-Sawahlunto, Kurnia menuturkan bahwa saat ini masih menunggu tambahan lokomotif dan rangkaian kereta.

baca juga: Pemerintah Targetkan Fungsional Ruas Tol Trans Sumatera Saat Lebaran

Kemudian jalur Danau Tuanku Padang-Lubuk Alung-Kayu Tanam-Padang Panjang, masih menunggu serah terima jembatan Kayu Tanam-BH136 dari Kementerian Perhubungan ke PT Kereta Api Indonesia. "Untuk kereta api Bandara Internasional Minangkabau dan Stasiun Simpang Haru Padang, saat ini tengah dikerjakan," tuturnya.[M.Noli Hendra]

Penulis: Riki