Industri Halal Dibidik Jadi Pendorong Penguatan Keuangan Syariah

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Komite Nasional Keuangan Syariah ( KNKS ) membidik industri halal sebagai sektor pendorong kekuatan keuangan syariah . Penguatan keuangan syariah tersebut masuk dalam masterplan ekonomi syariah Indonesia yang diluncurkan oleh KNKS .

Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal KNKS , Afdhal Aliasar mengatakan industri halal merupakan target utama dari KNKS .

baca juga: Akibat Kasus Rasisme, Karyawan Ford Minta Perusahaan Stop Produksi Mobil Polisi

Sebab, ia mengungkapkan sektor bisnis dalam industri halal ini sinergi dengan konsep keuangan yang diterapkan oleh lembaga atau bank syariah sendiri.

Ia menjelaskan, subsektor dari industri halal yang bisa berkontribusi besar terhadap keuangan syariah salah duanya adalah pariwisata, fashion, mamin, rekreasi dan media.

baca juga: Potensi Pasar Besar, Menperin Dorong Industri Komponen Sepeda Dibangun di Dalam Negeri

"Ini merupakan sektor unggulan yang kita kembangkan kedepan dan bisa bersinergi dan menghasilkan produk berkualitas, halal dan kita bisa ekspor," katanya saat ditemui KLIKPOSITIF , Jumat 24 Mei 2019.

Selain membidik industri halal, KNKS sebut Afdhal juga ingin mendorong lembaga keuangan syariah untuk ambil andil dalam pembiayaan project pembangunan nasional.

baca juga: Renault dan Google Cloud Kerja Sama Kembangkan Industri dan Teknologi

"Salah satu upaya yang kami tempuh adalah dengan penguatan modal sehingga bank syariah bisa memiliki porsi yang besar dalam pembangunan nasional," jelas Afdhal.

Di sisi lain, Afdhal juga ingin membuat sistem digitalisasi layanan dalam lembaga keuangan syariah . "Bank syariah tidak boleh kalah dengan teknologi yang berkembang saat ini. Apalagi setelah adanya GPN. Kami mendorong bank syariah masuk kesana," pungkasnya kemudian.(*)

baca juga: Yamaha BIkin Sepeda, Harganya Hampir Rp 50 Juta

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa