Rupiah Dibuka Menguat 29 Poin Menjadi Rp13.198

Rupiah
Rupiah (ANTARA FOTO)

KLIKPOSITIF - Nilai tukar rupiah Kamis pagi menguat 29 poin menjadi Rp13.198 dibandingkan sebelumnya di posisi Rp13.227 per dolar AS terdorong pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang masih belum menunjukan pertanda suku bunga AS akan naik dalam waktu dekat.

Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan, di saat yang sama rilis data persediaan minyak Amerika Serikat yang turun juga berhasil mendorong harga minyak mentah dunia bergerak naik. Terpantau, harga minyak mentah jenis WTI Crude pada Kamis (7/4) pagi ini, berada di level 38,10 dolar AS per barel, naik 0,93 persen. Sementara minyak mentah jenis Brent Crude di posisi 40,09 dolar AS per barel, menguat 0,63 persen.

baca juga: Hari Ini Harga Emas Naik Tipis, Rp 928 Ribu Per Gtam

"Nilai tukar rupiah berpeluang menguat lebih tinggi terhadap dolar AS seiring dengan harga minyak mentah yang naik cukup tajam," katanya.

Ia menambahkan bahwa cadangan devisa yang diumumkan pada hari ini (7/4) juga diperkirakan naik sehingga berpeluang menambah sentimen penguatan bagi rupiah terhadap dolar AS. (ant)

baca juga: Perlahan Bangkit, Rupiah Mulai Menguat Atas Dolar

Penulis: Elvia Mawarni