Darmin Beberkan Daerah-daerah yang Inflasinya Tinggi, Ini Daftarnya

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan pada 2018 terdapat lima provinsi yang inflasinya masih di atas target pemerintah. Menurut dia, inflasi lima provinsi itu berada di atas 3,5 persen.

Adapun lima Provinsi itu di antaranya, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Papua dan Papua Barat.

baca juga: Nadiem Sebut Tak Mungkin Ubah Sistem Pendidikan dalam 5 Tahun

"Terdapat beberapa daerah yang realisasi inflasinya di luar atau di atas sasaran inflasi nasional . untuk tingkat provinsi, terdapat 5 provinsi berada di atas sasaran," kata dia di Hotel Grand Sahid Jaya, Kamis (25/7/2019).

Tak hanya provinsi, Darmin yang juga Ketua Tim Pengendalian Inflasi Pusat ini menyebutkan, terdapat delapan kota/kabupaten yang juga inflasinya di atas sasaran 3,5 persen pada 2018.

baca juga: Kasus Korupsi Edhy, Prabowo Disebut Sedang Dilema

Delapan kota/kabupaten tersebut antara lain, Watampone, Sorong, Tarakan, Merauke, Sampit, Manokwari, Palu dan Jayapura.

Kendati demikian, Darmin menambahkan, secara keseluruhan pada 2018 raihan inflasi masih dibawah target yaitu sebesar 3,13 persen.

baca juga: Pengamat Sebut Fadli Zon atau Sandiaga Uno Berpeluang Gantikan Edhy Probowo

"Realisasi inflasi pada 4 tahun terakhir dapat dijaga sedikit di atas 3 persen dengan laju inflasi 2018 3,13 persen yoy dan inflasi Juni 2019 3,28 persen yoy. Pencapaian tersebut masih dalam rentang sasaran nasional sebesar 3,5 persen dengan deviasi 1 persen," ucap dia. (*)

Sumber: Suara.com

baca juga: Terpilih Sebagai Ketum MUI, Ini Profil KH. Miftachul Akhyar

Penulis: Eko Fajri