OJK Cabut Izin Usaha BPR Mitra Dana Pasbar

PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitra Dana Pasaman Barat.
PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitra Dana Pasaman Barat. (KLIKPOSITIF/Buyung Fajry)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin usaha PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitra Dana Pasaman Barat yang berlokasi di Jalan Lintas Selatan, Simpang Ampek, terhitung Jumat 29 Juli 2016.

Perwakilan OJK Sumbar, Irina, kepada KLIKPOSITIF mengatakan bahwa BPR Mitra Dana tidak mampu menaikkan Rasio Modal sesuai standar yakni minimal 8 persen. Capaian bank itu hanya di bawah 4 persen modal Bank. Ia menjelaskan bahwa pada tanggal 31 Desember 2015 OJK telah menetapkan status bank itu Dalam Pengawasan Khusus (DPK).

baca juga: Baguna PDIP Bantu Sembako Untuk Warga Korban Banjir di Kinali Pasbar

"Standar minimal 8 persen CAR (Capital adequacy Ratio) tak kunjung terpenuhi. Bank tersebut sudah diberikan Surat Pembinaan 5 kali, maka OJK sesuai Keputusan Dewan Direksi Komisioner (KDK) Nomor 11/ KDK.03./2016 mencabut izin bank tersebut terhitung 29 Juli 2016," katanya.

Sementara itu, Kepala Divisi Perencanaan Likuidasi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Yanuar Ayub Falahi menambahkan, pihaknya sedang memverifikasi kebenaran data sementara yang menyebutkan aset yang berhasil dihimpun yakni Rp832 juta tabungan di 2.500 Rekening, Rp300 juta Deposito di 6 rekening, simpanan di Bank lain senilai Rp377 juta di 4 rekening.

baca juga: Viral Video Pemukulan Siswa Berseragam SMP di Pasbar, Polisi Periksa Sejumlah Pihak

"Data tersebut masih bersifat sementara. Rekonsiliasi dan Verifikasi akan diselesaikan paling lama 90 hari kerja sejak tanggal pencabutan izin usaha," katanya.

Ia menambahkan, LPS sebagai RUPS PT. Mitra Dana akan mengambil alih, menjalankan segala hak dan wewenang pemegang saham, serta mengambil tindakan membubarkan Badan Hukum Bank, membentuk tim Likuidasi, menonaktifkan seluruh Direksi dan Dewan Komisaris.

baca juga: Video Pemukulan Siswa Berseragam SMP di Pasaman Barat Viral di Facebook

Pantauan KLIKPOSITIF di lapangan, BPR Mitra Dana dijaga oleh 2 petugas kepolisian, seorang pegawai OJK, dan 4 orang anggota LPS yang sedang melakukan validasi data di lantai satu kantor tersebut.

[Buyung Fajry]

baca juga: Fraksi PDIP Minta Bupati Pasbar Fokus Bekerja, Bukan Fokus Kerja Gonta Ganti Pejabat

Penulis: Ramadhani