Pemerintah Akan Tawarkan 14 Blok Migas Mei Mendatang

Menteri ESDM Sudirman Said (kanan) didampingi Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi (tengah)
Menteri ESDM Sudirman Said (kanan) didampingi Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi (tengah) (ANTARA FOTO)

KLIKPOSITIF - Pemerintah akan menawarkan 14 blok atau wilayah kerja minyak dan gas bumi dalam penawaran tahap pertama 2016 yang dijadwalkan pada Mei 2016.

Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja di Jakarta, Jumat mengatakan penawaran tersebut terdiri atas 11 blok konvensional dan tiga wilayah kerja migas nonkonvensional (MNK).

baca juga: IMF Beri Penilaian dan Rekomendasi Terkait Kebijakan Fiskal Indonesia

"Penawaran lelang wilayah kerja tahap pertama 2016 itu akan diumumkan saat acara IPA (Indonesia Petroleum Association) pada Mei mendatang," ujarnya.

Menurut dia, sebelas blok konvensional yang ditawarkan itu terdiri atas empat blok dengan skema lelang reguler dan tujuh blok melalui penawaran langsung. Empat blok migas konvensional yang akan ditawarkan melalui mekanisme lelang reguler adalah South CPP, Suremana I, South East Mandar, dan North Arguni.

baca juga: Harga Minyak Dunia Terus Melejit, Terpicu Kekhawatiran Pasokan

Sementara, tujuh blok konvensional yang ditawarkan dengan skema penawaran langsung adalah Bukit Barat, Batu Gajah Dua, Kasongan, Ampuh, Ebuny, Onin, dan West Kaimana.

Jadwal penawaran blok konvensional tahap pertama 2016 untuk penawaran langsung adalah akses dokumen penawaran 1 Juni-22 Juli 2016, forum klarifikasi 8 Juni-22 Juli 2016, dan batas akhir penyampaian dokumen partisipasi 25 Juli 2016.

baca juga: Pemerintah Diminta Segera Bayar Bulog, DPR: Harga Beras Jangan Seperti Minyak Goreng

Sementara, tahapan waktu lelang reguler adalah akses dokumen penawaran 1 Juni-5 Oktober 2016, forum klarifikasi 8 Juni-5 Oktober 2016, dan batas akhir penyampaian dokumen partisipasi 7 Oktober 2016. (ant)

Penulis: Elvia Mawarni