Bantu Ekonomi Keluarga dengan Teknologi

Pemilik Shopyz.id, Jonthan (17 tahun)
Pemilik Shopyz.id, Jonthan (17 tahun) (Ist)

KLIKPOSITIF Banyak pemuda yang memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai sumber penghasilan, salah satunya Jonathan Septian Hendra. Pemuda yang masih berstatus sebagai pelajar ini, telah menjalankan bisnis di dunia online sebagai pemilik Shopyz.id selama lebih dari 4 tahun dan telah menjangkau pasar secara luas.

BACA JUGA: Andre Rosiade Minta Kapolda Sumbar yang Baru Tindak Tegas Pelaku Illegal Logging

baca juga: Webinar JNE Bahas Strategi Digital UMKM Menghadapi The New Normal

Dengan keinginan kuat dan memiliki kemampuan untuk membantu ekonomi keluarga, remaja berusia 17 tahun ini menjual gadget dan asesoris ponsel bersama saudara kandungnya. Ketertarikan Jonathan terhadap produk tersebut karena hobi dalam bidang teknologi yang dalam perkembangannya diikuti dengan beragam produk yang berpotensi untuk dijual.

Jonathan pun mengungkapkan bahwa iaberkorban dulu untuk memiliki modal awal dari barang pribadi. “Untuk modal awal berbisnis ini, saya jual hp dan laptop pribadi. Terus nyisihin sebagian uang jajan juga”, ungkap pelajar kelahiran 2002 ini yang bercita-cita ingin menjadi seorang pengusaha ini.

baca juga: Kontribusi Nyata JNE Sebagai Brand Lokal di Tengah Pandemi COVID-19

Awalnya ia fokus berjualan online accesories ponsel saja, yaitu sebuah colokan converter listrik dengan jumlah penjualan sebanyak 500 sampai 1000 kabel dalam seminggu. Kemudian pada tahun 2016, Jonathan mulai menjual berbagai unit gadget. “Penjualan ini dalam bentuk pre-seller, untuk sekarang bisa aja mendapatkan 10 sampai 20 orderan. Profit kira-kira 10 sampai 20 juta perbulan”, imbuhnya.

Untuk menyikapi harga pasar, Jonathan tidak mengeluarkan begitu banyak untuk potongan harga dalam melakukan strategi pemasaran terhadap konsumen. “Saya pilih ngasih bonus gratis accessories gadget untuk menarik konsumen”, tuturnya.

baca juga: JNE Bersinergi dengan Ikhlas Foundation Berbagi 1500 Nasi Bungkus untuk Buka Puasa

Jonathan pun menjelaskan bahwa kini telah mengirim ratusan paket tiap bulan dan lebih sering mendapatkan orderan dari luar Jakarta, seperti Sulawesi serta Surabaya. Oleh karena itu, pemilihan penyedia jasa pengiriman pengiriman ekspres penting baginya.

“Untuk kirim produk seperti ini saya sering pakai JNE " href="http://www. KLIKPOSITIF .com/tag/jne" target="_blank"> JNE karena harga yang kompetitif, banyak pilihan product service, dan nyaman juga. Lebih seringnya pakai service REG, tapi saya kembalikan ke konsumen mau pakai service apa”, jelasnya.

baca juga: JNE Raih The Most Intelligent CIO dalam iCIO Awards 2020

Jonathan pun mengaku bahwa selain karena kualitas pelayanan, ia pun nyaman menggunakan JNE sejak bergabung menjadi member JLC ( JNE Loyalty Card) tahun lalu. Setiap mengirimkan paket melalui JNE ia mendapatkan benefit berupa point sehingga berpeluang mendapat hadiah. “Sampai sekarang masih ngumpulin poin JLC. Kalau jumlahnya banyak, hadiah yang bisa didapat juga makin menarik”, ujarnya. [Rilis]

Penulis: Khadijah