BI Luncurkan Program Beramal QRIS

Bank Indonesia
Bank Indonesia (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Bank Indonesia meluncurkan traksaksi amal secara elektronik. Transaksi amal yang ditawarkan berbentuk sedekah, zakat dan infak dengan menggunakan QR Code Standar Pembayaran Nasional (QRIS).

Kepala Kantor Bank Indonesia Sumatera Barat, Wahyu Purnama mengatakan bahwa transaksi amal menggunakan elektronik ini akan lebih memudahkan masyarakat. "Cara menggunakannya hanya dengan aplikasi dompet online seperti OVO, Gopay dan yang lainnya. Setelah itu langsung bertransaksi menggunakan kode QR yang tertera," ujarnya.

baca juga: Pemerintah Sebut Penyaluran KUR 2020 Capai 58,53 Persen

Dengan itu, menurutnya, transaksi dalam beramal akan lebih mudah dan jumlah yang dimasukkan juga tidak diketahui oleh orang lain. Sehingga amal yang didapatkan lebih menyeluruh. "Pelan-pelan kita coba meninggalkan kotak infak dan bersedekah menggunakan QRIS ini," ujarnya.

Saat ini, penggunakan QRIS untuk menerima sedekah, zakat dan infak baru dilaksanakan di Masjid Raya Sumatera Barat. "Tadi kamj juga mengundang sebanyak 30 pengurus masjid lainnya. Kami harap yang lain juga akan mengikuti," lanjutnya.

baca juga: Ini Langkah Kemenkeu Untuk Mitigasi Risiko Keuangan Negara di Tengah Pandemi Covid-19

Ia mengatakan, jika ada masjid yang ingin melakukan transaksi menggunakan QRIS, bisa mendatangi Bank tempat menyimpan uang masjid dan meminta transaksi menggunakan QRIS tersebut.

"Dengan transaksi menggunakan QRIS untuk beramal ini, kami harap transaksi menggunakan elektronik akan lebih maju lagi kedepannya di Sumbar," tutupnya.

baca juga: BI: Stabilitas Keuangan Daerah pada Triwulan II 2020 di Sumbar Tetap Terjaga

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani