Akhir Pekan, Rupiah Punya Peluang Menguat

ilustrasi
ilustrasi (net)
KLIKPOSITIF

-Pergerakannilai tukar rupiahjelang akhir pekan ini masih berpotensi menguat terhadap dolar AS.Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menilai sentimen positif dari penandatanganan kesepaktan AS-Cina masih akan mendukung penguatan aset berisiko.

Ariston menjelaskan kesepakatan ini memperbaiki hubungan dagang AS-Cina yang bisa membantu memulihkan pertumbuhan ekonomi global Selain itu, pasar menunggu data pertumbuhan ekonomi Cina. Bila data ini sesuai atau lebih bagus dari prediksi, ini bisa mendukung penguatan rupiah lagi.

baca juga: Korban Covid-19 Terus Bertambah Picu Turunnya Harga Minyak Dunia

" Rupiah bisa terbantu menguat terhadap dolar AS hari ini dengan potensi support ke area Rp 13.600, resisten di Rp 13.700," kata Aris dalam riset hariannya di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Berdasarkan data Bloomberg, pergerakan rupiah pada Kamis kemarin (16/1/2020) berada di level Rp 13.651 per dolar AS. Level itu melemah bila dibanding pergerakan Rabu sebelumnya yang berada di level Rp 13.642 per dolar AS.

baca juga: Bangkitkan UMKM di Tengah Pandemi, Pertamina Gulirkan Program Kemitraan Pinky Movement

Sementara itu, berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia, rupiah pada Kamis kemarin berada di level Rp 13.658 per dolar AS. Posisi itu menguat bila dibandingkan pada Rabu pekan sebelumnya yang berada di level Rp 13.706 per dolar AS.

Editor: Ramadhani