KUR Bank Nagari Painan Tahun Ini Rp 35 Miliar

Wakil Pinca Bank Nagari Painan, Afni Can, didampingi Kasi Kerdit Komersil, Zidel Leon
Wakil Pinca Bank Nagari Painan, Afni Can, didampingi Kasi Kerdit Komersil, Zidel Leon ((Kiki Julnasri/Klikpositif.com))

PESSEL , KLIKPOSITIF - Alokasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank Nagari Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada 2020 mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya.

Berdasarkan catatan Bank Nagari , alokasi penyaluran tahun ini hanya sebesar Rp35 miliar. Jatah itu turun dari tahun lalu yang mencapai Rp40 miliar.

baca juga: 8 Orang Warga di Pessel Kembali Terpapar COVID-19, Semuanya dari Lengayang

"Barangkali karena tidak tercapai dari target Rp40 miliar. Sementara realisasi hanya Rp37 miliar sepanjang 2019,"ungkap Wakil Pimpinan Cabang Bank Nagari Painan, Afni Can, didampingi Kasi Kerdit Komersil, Zidel Leon, di Painan, Jumat 24 Januari 2020.

Berdasarkan catatannya, dari Rp35 miliar itu alokasi KUR ritel lebih besar dari usaha Mirko. Perbandingannya Rp 31,5 miliar untuk ritel dan Rp 3,5 miliar untuk mikro atau UMKM.

baca juga: Berbeda Dari Tahun Lalu, Begini Susunan Upacara 17 Agustus Pemkab Pessel Tahun Ini

Sementara itu, untuk suku bunga KUR tahun ini mengalami penurunan dari 7 persen tahun lalu. Kini hanya 6 persen dari pinjaman yang diterima.

"Cukup menarik bagi masyarakat (dengan adanya penurunan suku bunga). Jadi kami berharap ini bisa tercapai sesuai target," tutupnya.

baca juga: Karena Tiga Hal, DPRD Agenda Interpelasi Bupati Pessel

Kendati terjadinya penurunan, ia berharap realisasi KUR tahun ini bisa tercapai. Dengan tercapainya tahun ini, bisa menambah alokasi tahun berikutnya.

"Untuk 2020 kita upayakan target bisa tercapai," tutupnya.

baca juga: Wakil Ketua DPRD Pessel Sebut Penghentian Gedung Baru RSUD Painan Tidak Bisa Sepihak

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera