Erick Thohir Sebut BUMN Ini Harus Siap Alami Kerugian Akibat Corona

Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir (Net)

KLIKPOSITIF - Menteri BUMN Erick Thohir meminta para BUMN untuk tegar menghadapi kerugian. Karena, rugi ini bukan disengaja, tapi akibat hantaman Covid-19 atau Virus Corona .

Misalnya, pada sektor pelayanan publik yang diminta Erick harus merasa siap jika kondisi keuangan minus.

baca juga: Kluster COVID-19 dari Bank Muncul di Bukittinggi

"Yang pasti kemarin sudah saya sampaikan, pada saat-saat ini pasti BUMN seperti Angkasa Pura, Kereta Api harus siap rugi karena harus siap layani masyarakat," ujar Erick lewat Video Conference, di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Kemudian, Erick menuturkan, para perbankan juga harus selalu beroperasi untuk melayani publik. Pasalnya, nanti perbankan akan jadi media penyalur bantuan yang diberikan oleh pemerintah.

baca juga: Pemerintah Sebut Penyaluran KUR 2020 Capai 58,53 Persen

"Perbankan juga harus tetap buka, bukan berarti rugi kalau perbankan, apalagi ke depan ada program Bantuan Langsung Tunai banyak perusahaan bank BUMN yang menjadi tempat menyalurkan langsung ke rakyat, Telkom akan dilibatkan juga," jelas dia.

Kendati demikian, Erick menegaskan, saat ini para BUMN - BUMN tetap buka dan melayani publik seperti biasanya walaupun ada imbauan untuk berkerja di rumah atau Work From Home (WFH).

baca juga: Peneliti Inggris Temukan Celah Baru untuk Hentikan Pandemi

"Kita tidak tutup tapi memang sekarang seperti kementerian pun sekarang sudah tinggal 15 persen, bukan berarti tidak bekerja. Buktinya hari ini saya masuk kantor padahal giliran hari ini saya WFH, cuma kita lakukan hal-hal terbaik yang bisa kita lakukan," pungkas dia.

Editor: Eko Fajri