Rupiah Hari Ini Berpeluang Menguat Atas Dolar

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan rupiah pada Selasa ini masih akan bergerak menguat terhadap dolar AS.Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memprediksi sentimen positif kembali masuk ke pasar keuangan yang mendorong penguatan indeks-indeks saham AS, Eropa dan Asia pagi ini.

Dia menjelaskan pasar kembali merespon positif laporan melambatnya laju kasus positif Covid-19 di AS dan Eropa sebagai pusat pandemi global. Selain itu, pergerakan aset berisiko pagi ini dengan indeks saham seperti Nikkei dan Hangseng bergerak positif, demikian juga indeks saham berjangka Amerika Serikat.

baca juga: Ini Tiga Senjata Pemrintah Untuk Bangkitkan Kembali Sektor Pariwisata

" Rupiah berpotensi turut menguat hari ini mengikuti sentimen positif tersebut. Rupiah berpotensi menguat ke kisaran Rp 16.300 dengan potensi resisten di Rp 16.500," kata Aris dalam riset hariannya, Selasa (7/4/2020).

Berdasarkan data Bloomberg pergerakan rupiah pada Senin kemarin (6/4/2020) berada di level Rp 16.412 per dolar AS. Level itu menguat dibanding pergerakan Jumat pekan sebelumnya yang berada di level Rp 16.430 per dolar AS.

baca juga: Pemain Sepakati Pemotongan Gaji, Barcelona FC Terhindar dari Kebangkrutan

Sementara itu, berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia, rupiah pada Senin kemarin berada di level Rp 16.556 per dolar AS. Posisi itu melemah bila dibandingkan pada Jumat Pekan sebelumnya yang berada di level Rp 16.464 per dolar AS.

Editor: Ramadhani