Harga Emas Dunia Naik Dua Persen

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Emas dunia mengalami kenaikan harga hingga 2 persen. Kenaikan ini membuat harga emas masuk ke level tertinggi lebih dari tiga pekan. Pemicunya adalah ekspektasi langkah-langkah stimulus global untuk melawan kerusakan ekonomi yang disebabkan wabah virus corona.

Dilansir dari Reuters Selasa (7/4/2020) harga emas hari ini di pasar spot melesat 2,3 persen menjadi 1.653,35 dolar AS per ounce setelah mencapai level tertinggi sejak 11 Maret, yakni 1.655,69 dolar AS per ounce di awal sesi. Sementara itu, emas berjangka Amerika Serikat ditutup 2,9 persen lebih tinggi menjadi 1.693,90 dolar AS per ounce.

baca juga: Harga Emas Batangan Terus Melandai

"Permintaan fisik terus mendominasi dan mendukung harga emas . Sejumlah besar stimulus secara efektif mendilusi mata uang sehingga permintaan emas datang dari segala arah," kata Phil Streible, Kepala Strategi Pasar Blue Line Futures di Chicago.

Keperkasaan dolar AS terhenti terhadap sebagian besar mata uang tetapi melanjutkan kenaikan atas yen Jepang karena tingkat kematian akibat virus corona di Eropa melambat, sementara kematian di Jepang dan tempat lain di Asia berakselerasi.

baca juga: Anjlok dalam Sehari, Harga Bitcoin Jatuh Lebih dari Rp 40 Juta

Jepang akan memberlakukan keadaan darurat di Tokyo dan enam prefektur lainnya untuk mengatasi virus corona, sementara pemerintah menyiapkan paket stimulus 990 miliar dolar AS guna melunakan pukulan terhadap ekonomi . Pandemi itu menginfeksi lebih dari 1,25 juta orang di seluruh dunia , dengan lebih dari 68.400 kematian.

Editor: Ramadhani