Harga Minyak Dunia Kembali Merosot

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Harga minyak mentah dunia kembali jatuh. Dilansir dari Reuters, Selasa (28/4/2020) minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI), yang menjadi patokan Amerika Serikat, ditutup menurun hingga 4,16 dolar AS atau 24,6 persen menjadi 12,78 dolar AS per barel.

Sementara itu, minyak mentah berjangka Brent, sebagai patokan internasional, merosot 1,45 dolar AS atau 6,8 persen, menjadi 19,99 dolar AS per barel. Permintaan bahan bakar anjlok 30 persen secara global , dan tempat penyimpanan menjadi sangat berharga, dengan sekitar 85 persen dari penyimpanan on-shore di seluruh dunia penuh pada pekan lalu, demikian menurut data Kpler.

baca juga: Pendapatan Negara Jeblok, APBN Defisit Rp 257,8 Triliun

Kekhawatiran seputar ekonomi terus menghantui pasar. Output ekonomi global diperkirakan mengalami kontraksi sebesar 2 persen tahun ini--lebih buruk dari krisis keuangan--sementara permintaan menyusut 30 persen karena pandemi Covid-19.

Pedagang juga mengatakan kontrak minyak mentah turun sebagian karena kendaraan investasi ritel seperti ETF mengalihkan investasi mereka dari kontrak Juni untuk menghindari terjebak seperti yang terjadi seminggu lalu. Yaitu ketika kontrak minyak untuk pengiriman Mei turun menjadi minus 37,63 dolar AS per barel.

baca juga: Kasus Covid-19 Terus Bertambah Picu Naiknya Emas Dunia

Minyak berjangka menutup kerugian mingguan ketiga berturut-turut pekan lalu dengan penurunan 24 persen untuk Brent dan -7 persen untuk WTI. Pasar jatuh selama delapan dari sembilan minggu terakhir.

Editor: Ramadhani