Karang Taruna Padang Apresiasi UEP Karta Jaya Tarantang

Ketua Karang Taruna Kota Padang Yaldi menebar pakan ikan ke kolam ikan UEP Karta Jaya.
Ketua Karang Taruna Kota Padang Yaldi menebar pakan ikan ke kolam ikan UEP Karta Jaya. (Riki S)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Ketua Karang Taruna Kota Padang Yaldi, meminta agar pengurus Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Karta Jaya yang merupakan binaan Karang Taruna Kota Padang , untuk terus melakukan berbagai inovasi agar dapat memotivasi generasi muda Kota Padang untuk berwirausaha.

"Selama ini UEP Karta Jaya hanya bergerak di bidang usaha budidaya ikan nila. Kalau bisa, usaha budidaya ikannya dikembangkan ke berbagai jenis ikan air tawar lainnya," kata Yaldi saat kunjungannya ke UEP Karta Jaya di Tarantang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang , Selasa, 28 April 2020.

baca juga: Budidaya Lele Menggunakan Wadah Permanen Lebih Menjanjikan

Menurut Yaldi, jika UEP Karta Jaya melakukan berbagai inovasi, maka ia pun yakin bahwa UEP Karta Jaya bisa maju, berkembang dan akan menjadi sentral pelatihan budidaya ikan air tawar di Kota Padang , apalagi potensi UEP Karta Jaya dalam membudidaya ikan nila selama ini tidak diragukan lagi.

"UEP Karta Jaya ini sudah menghasilkan. Meski UEP ini baru didirikan Februari 2019 lalu, tapi potensinya luar biasa. Kalau pengurusnya melakukan pengembangan, maka tidak tertutup kemungkinan kalau UEP Karta Jaya ini bisa menjadi tempat pelatihan budidaya ikan, khususnya bagu generasi muda Karang Taruna ," ujarnya.

baca juga: Mulai 18 April, Sebanyak 81.813 Siswa di Kota Padang Akan Ikuti Pesantren Ramadhan

Sementara itu, Ketua UEP Karta Jaya Hendratmo mengatakan, UEP Karta Jaya ini didirikan bertujuan untuk memancing dan merangsang agar generasi muda di Kota Padang , khususnya Karang Taruna , mau berwirausaha, karena Karang Taruna juga menjadi wadah pemberdayaan kegiatan ekonomi produktif.

"Karang taruna bukan hanya organisasi sosial kepemudaan saja, Karang Taruna juga wadah pembinaan dan pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif dengan pendayagunaan semua potensi, baik SDM maupun SDA yang telah ada," katanya didampingi Sekretaris UEP Karta Jaya Feryanto Irawan.

baca juga: Untuk Wilayah Sumbar, Indeks Pencemaran Udara di Kota Padang Terendah Selama 2020

Terkait usaha budidaya ikan nila, Hendratmo yang juga Wakil Ketua Karang Taruna Kota Padang , menyebut bahwa usaha ini akan panen usai lebaran tahun ini. Hasilnya, kata dia, akan dimanfaatkan untuk mengembangkan UEP Karta Jaya ke depannya.

"Ya, sesuai arahan Karang Taruna Kota Padang , hasilnya akan kami kembangkan untuk kamajuan UEP Karta Jaya," pungkasnya.(*)

baca juga: Ramadan Kali Ini, Pemko Padang Tidak Buka Pasar Pabukoan

Editor: Riki