Harga Minyak Dunia Kembali Turun

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Harga minyak dunia kembali turun akibat berlanjutnya pandemi virus Corona atau Covid-19. Dilansir dari Xinhua, Kamis (28/5/2020) harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli 2020 turun 1,54 dolar AS menjadi 32,81 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Juli 2020 merosot 1,43 dolar AS menjadi 34,74 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange. Penurunan terjadi usai peningkatan tajam yang berlangsung pada sesi sebelumnya. Harga minyak WTI melambung 3,3 persen, sedangkan harga minyak mentah Brent melonjak 1,8 persen.

baca juga: DPR Minta Pemerintah Tertibkan Importir Alkes Penanganan COVID-19

"Pasar selanjutnya akan berfokus terhadap pertemuan OPEC+ pada 9 dan 10 Juni," kata Eugen Winberg, analis energi Commerzbank Research.

Saat ini, posisi dua partisipan utama pertemuan tersebut sangat berbeda. Arab Saudi ingin pemangkasan produksi pada Mei dan Juni terus berlanjut untuk ke depannya, sedangkan Rusia berencana untuk meningkatkan produksi pada Juli.

baca juga: Permintaan Meningkat, Harga Minyak Dunia Ikut Naik

Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) dan negara-negara produsen minyak mentah yang tergabung dalam OPEC+ sepakat untuk memangkas produksi sebesar 9,7 juta barel per hari pada Mei dan Juni.

Editor: Ramadhani