Rupiah Masih Menguat di Akhir Pekan

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada akhir pekan ini Jumat (29/5/2020) masih menunjukan penguatan.

Dilansir dari kurs tengah Bank Indonesia (BI) atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor tepat pukul 10:00 Wib rupiah kembali menguat sebesar 28 poin ke posisi Rp 14.733 dibandingkan posisi perdagangan sebelumnya di posisi Rp 14.761.Sedangkan data Bloomberg pada di pasar spot exchange, kurs rupiah berada di level Rp 14.705 per dolar AS atau terapresiasi 10 poin dibandingkan perdagangan sebelumnya Rp 14.715. Dengan begitu rupiah sudah menguat 0,07 persen dari penutupan kemarin.

baca juga: DPR Minta Pemerintah Tertibkan Importir Alkes Penanganan COVID-19

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memprediksi pergerakan nilai tukar rupiah pada akhir pekan ini akan berfluktuatif.

Menurut pengamatannya, sentimen negatif peningkatan ketegangan AS dan China mulai menguat sehingga menekan harga aset-aset berisiko.

baca juga: Jual Beli Senin, Emas Dibanderol Rp938 Ribu Per Gram

Dia mengatakan peningkatan ketegangan AS dan China kelihatannya turut memicu pelemahan nilai tukar dolar AS terhadap nilai tukar lainnya karena hubungan AS dan China yang memburuk bisa mendorong pelemahan ekonomi AS.

Kendati demikian, nilai tukar rupiah bisa turut tertekan terhadap dolar AS mengikuti sentimen negatif tersebut.

baca juga: Permintaan Meningkat, Harga Minyak Dunia Ikut Naik

Editor: Ramadhani