Pertemuan OPEC Dorong Harga Minyak Dunia

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Rencana pertemuan negara-negara produsen minyak dunia atau OPEC turut memicu naiknya harga minyak dunia cukup signifikan, Pasalnya dalam pertemuan itu OPEC akan membicarakan pemangkasan produksi lebih lanjut.

Dilansir dari Xinhua, Kamis (4/6/2020) minyak ditutup menguat, tetapi masih di bawah level tertinggi pada awal sesi di atas 40 dolar AS per barel, tertinggi sejak Maret.

baca juga: DPR Minta Pemerintah Tertibkan Importir Alkes Penanganan COVID-19

Minyak mentah berjangka Brent untuk kontrak pengiriman Agustus ditutup naik 22 sen, atau 0,6 persen, menjadi 39,79 dolar AS per barel. Di awal sesi, Brent sempat menyentuh 40,53 dolar AS level tertinggi sejak 6 Maret.

Sementara itu, patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Juli, naik 48 sen, menjadi 37,29 dolar AS per barel.

baca juga: Permintaan Meningkat, Harga Minyak Dunia Ikut Naik

Harga kedua tolok ukur minyak dunia itu melonjak dalam beberapa pekan terakhir, dengan Brent lebih dari dua kali lipat setelah mencapai level terendah 21 tahun di bawah 16 dolar AS pada April, ketika minyak mentah WTI berubah negatif.

Kelompok OPEC+, yang terdiri dari Organisasi Negara Eksportir Minyak dan sekutunya termasuk Rusia, memangkas produksi sebesar 9,7 juta barel per hari pada Mei dan Juni, sama dengan sekitar 10 persen dari output global sebelum krisis virus corona.

baca juga: Harga Emas Dunia Mulai Kembali Merosot

Pembicaraan difokuskan untuk menjaga tingkat pemotongan saat ini hingga di luar Juni. Minyak juga melemah pada laporan bahwa produsen OPEC Teluk tidak membahas perpanjangan untuk pengurangan produksi sukarela mereka yang lebih dalam setelah Juni.

Editor: Ramadhani