Pekan Pertama Juli Rupiah Bergerak Melemah

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan nilai tukar rupiah pada Rabu, 1 Juli ini belum berdaya melawan dolar AS. Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan kekhawatiran melambatnya pemulihan ekonomi karena masih meningginya kasus covid-19 masih akan menekan pergerakan aset berisiko.

Dia mengatakan pengesahan UU keamanan berpotensi meningkatkan ketegangan antara AS dan China yang juga akan memberikan sentimen negatif ke aset berisiko.

baca juga: DPR Minta Pemerintah Tertibkan Importir Alkes Penanganan COVID-19

Dirilisnya data inflasi Indonesia untuk bulan Juni, bila menunjukan angka yang lebih rendah di bawah 2 persen mengindikasikan aktivitas ekonomi Indonesia melambat, bisa memberikan sentimen negatif ke rupiah .

" Rupiah bisa kembali melemah, dengan potensi di kisaran Rp 14.150 - Rp 14.330," kata Ariston dalam riset hariannya, Rabu (1/7/2020).

baca juga: Jual Beli Senin, Emas Dibanderol Rp938 Ribu Per Gram

Dari data Bloomberg, pergerakan nilai tukar rupiah pada Selasa kemarin (30/6/2020) berada di level Rp 14.265 per dolar AS. Level itu melemah bila dibanding pergerakan Senin sebelumnya yang berada di level Rp 14.245 per dolar AS.

Sementara itu, berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia, rupiah pada Selasa kemarin berada di level Rp 14.302 per dolar AS. Posisi itu menguat bila dibandingkan pada Senin sebelumnya yang berada di level Rp 14.369 per dolar AS.

baca juga: Permintaan Meningkat, Harga Minyak Dunia Ikut Naik

Editor: Ramadhani