Cadangan Minyak AS Turun, Harga Minyak Dunia Merangkak Naik

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Penurunan cadangan minyak Amerika Serikat, mendoronh terus meningkatnya harga minyak dunia. Dilansir dari CNBC pada Kamis, 2 Juli harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus 2020 meningkat 55 sen, atau sekitar 1,4 persen, menjadi 39,82 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman September 2020 naik 76 sen, atau sekitar 1,8 persen, menjadi 42,03 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange. Menurut laporan yang dirilis Energy Information Administration (EIA) pada Rabu, cadangan minyak AS turun 7,2 juta barel pekan lalu.

baca juga: Masih Stabil, Emas Dijual Rp1 Juta Lebih Per Gram

Penurunan yang terjadi jauh lebih tajam dari perkiraan para analis penurunan 710.000 barel. Peningkatan harga minyak dunia juga didukung kembalinya aktivitas manufaktur di China, Amerika Serikat, dan Eropa.

Pemulihan sentimen ekonomi di zona euro meningkat pada Juni dengan perbaikan di semua sektor, menurut data Komisi Eropa, Senin. Sentimen keseluruhan naik menjadi 75,7 poin pada Juni dari 67,5 di Mei, meski masih jauh dari ekspektasi.

baca juga: Akibat Pandemi, Deflasi Juli Capai 0,10 Persen

Di China, keuntungan perusahaan industri meningkat untuk pertama kalinya dalam enam bulan pada Mei, menunjukkan pemulihan ekonomi negara itu mendapatkan dukungan.

Indeks saham Amerika Serikat, yang menguat secara luas pada sesi Senin, juga menambahkan dukungan bagi harga minyak , yang terkadang mengikuti pergerakan ekuitas.

baca juga: Harga Minyak Dunia Alami Penguatan

Tetapi kekhawatiran gelombang kedua pandemi virus Corona atau COVID-19 membuat harga tersendat untuk bergerak lebih tinggi lagi. Sejumlah negara bagian di Amerika Serikat menerapkan kembali pembatasan setelah lonjakan dalam kasus virus Corona.

Editor: Ramadhani