Transaksi Selasa, Rupiah Menguat Atas Dolar

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Transaksi Selasa, 7 Juli menunjukkan rupiah kembali menguat terhadap dolar AS. Dari data Bank Indonesia (BI) kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dolar Rate/Jisdor rupiah menguat 91 poin ke level Rp 14.456 dari posisi sebelumnya di level Rp 14.547.

Sedangkan data Bloomberg Dolar Index, di pasar spot exchange, kurs rupiah juga menguat 80 poin di level Rp 14.410 per dolar AS. Rupiah bergerak di kisaran Rp 14.395 hingga Rp 14.450 per dolar AS. Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, menguatnya nilai tukar rupiah dikarenakan pelaku pasar masih merespon positif potensi pemulihan ekonomi global dengan membaiknya data-data ekonomi yang baru dirilis.

baca juga: Masih Stabil, Emas Dijual Rp1 Juta Lebih Per Gram

"Senin kemarin beberapa data ekonomi dari negara maju menunjukkan aktivitas ekonomi yang sudah bertumbuh atau bahkan sudah mulai pulih seperti Jerman dan Zona Euro yang melaporkan peningkatan penjualan ritel selama bulan Mei, Inggris melaporkan peningkatan aktivitas konstruksi di Juni, dan AS yang melaporkan pulihnya aktivitas sektor jasa di bulan Juni," kata Aris sapaan akrabnya.

Selain itu, kebijakan BI yang memberikan stimulus dengan membeli obligasi pemerintah untuk membantu mendanai APBN juga bisa memberikan sentimen positif untuk rupiah karena ini salah satu upaya membantu memulihkan ekonomi di tengah pandemi.

baca juga: Akibat Pandemi, Deflasi Juli Capai 0,10 Persen

Namun demikian, tambah Ariston, di sisi lain, pasar masih mewaspadai peningkatan laju penularan covid19 di dunia yang masih membebani pergerakan aset berisiko. " Rupiah masih berpotensi menguat terhadap dolar AS hari ini dengan sentimen positif yang mendorong penguatan indeks saham AS semalam. Potensi kisaran di Rp 14.400 - Rp 14.570," kata Aris

Editor: Ramadhani