Rabu Pagi, Rupiah Melemah Atas Dolar

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pada transaksi hari ini Rabu, 8 Juli 2020, nilai tukar rupiah melemah tipis melawan dolar AS. Dari data Bank Indonesia (BI) kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor rupiah melemah 4 poin ke level Rp 14.460 dari posisi sebelumnya di level Rp 14.556 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, pelemahan ini karena kekhawatiran pasar mengenai peningkatan kasus covid-19 kembali membayangi pergerakan pasar. Pelaku pasar khawatir peningkatan kasus covid ini akan menyebabkan pemulihan ekonomi terganggu.

baca juga: Harga Emas Batangan Terus Melandai

" Rupiah bisa tertekan hari ini terhadap dolar AS Rupiah berpotensi bergerak melemah ke arah resisten Rp 14.550, sementara area support di kisaran Rp 14.400," kata Ariston dalam risetnya

WHO melaporkan kenaikan laju kasus positif covid-19 di bulan Juni yang bisa menyebabkan kenaikan tingkat kematian akibat covid ke depannya. Selain itu, lanjut Ariston, sejumlah pejabat Bank Sentral AS semalam juga mengindikasikan kekhawatiran terhadap pemulihan ekonomi karena covid19.

baca juga: Turun Cukup Drastis, Emas Batangan Dijual Rp 961 Ribu Per Gram

Di sisi lain, tingkat imbal hasil obligasi AS tenor 10 tahun terlihat melemah kembali dari kisaran 0,70 persen ke 0,64 persen yang mengindikasikan tingginya permintaan aset aman dolar AS.

Editor: Ramadhani