IHSG Diprediksi Kembali Bergerak Menguat

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini Kamis, 9 Juli diprediksi bisa menguat. Sebelumnya pada Rabu kemarin ditutup menguat 1,79 persen di level 5.076.

Direktur PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya melihat, kenaikan yang terjadi dalam pergerakan IHSG hingga saat ini masih bersifat teknikal rebound. Level resisten terdekat telah berhasil digeser ke arah yang lebih baik.

baca juga: Kemenag Sebut Wakaf Uang Hanya Diinvestasikan untuk Produk Keuangan Syariah

Namun, lanjutnya, peluang pelemahan masih cukup besar mengingat secara hingga saat ini investor asing masih mencatatkan capital outflow.

"Tapi, momentum koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan oleh para investor untuk melakukan akumulasi pembelian," ujar William dalam riset hariannya, Kamis (9/7/2020).

baca juga: Akselerasi Pemulihan Ekonomi, Target Penerimaan Negara di 2021 Meningkat

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas, M Nafan Aji Gusta Utama mengamati, berdasarkan indikator, MACD telah berhasil membentuk pola golden cross di area positif. Sementara itu, Stochastic dan RSI menunjukkan sinyal positif.

Di sisi lain, terlihat pola long white opening marubozu candle yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke area resistance.

baca juga: Sri Mulyani: APBN 2020 Telah Mampu Jaga Kontraksi Perekonomian Dampak Covid-19, 2021 Optimis

"Berdasarkan rasio fibonacci, support pertama maupun kedua memiliki range pada level 4.975 hingga 4.865. Sementara itu, resistance pertama maupun kedua memiliki range pada 5.097 hingga 5.172," kata Nafan.

Editor: Ramadhani