Kasus Cvid-19 Global Terus Bertambah, Harga Emas Dunia Ikut Melambung

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Jumlah kasus Covid-19 yang terus bertambah memicu terus melambungnya harga emas dunia. Emas menguat di atas level 1.800 dolar AS per ounce.

Kenaikan ini didukung kekhawatiran atas lonjakan kasus virus corona secara global dan negara-negara di dunia juga mulai memberlakukan pembatasan wilayah. Melansir CNBC, Rabu (15/7/2020) harga emas di pasar spot naik 0,4 persen menjadi 1.809,83 dolar AS per ounce, sedangkan emas berjangka Amerika Serikat ditutup sebagian besar tidak berubah di posisi 1.813,40 dolar AS per ounce.

Banyak negara bagian di Asia mulai menghentikan kembali ekonomi mereka karena lonjakan kasus virus corona, sementara California menerapkan pembatasan baru pada bisnis saat infeksi tersebut melonjak.

baca juga: Masih Stabil, Emas Dijual Rp1 Juta Lebih Per Gram

Organisasi Kesehatan Dunia, memperingatkan pandemi itu akan menjadi lebih buruk jika negara gagal mematuhi tindakan pencegahan yang ketat.

Harga emas melambung lebih dari 19% sepanjang tahun ini, terutama diuntungkan oleh suku bunga yang lebih rendah dan langkah-langkah stimulus dari bank sentral utama karena secara luas dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang.

baca juga: Akibat Pandemi, Deflasi Juli Capai 0,10 Persen

Editor: Ramadhani