Pemerintah Harus Pastikan Sektor Pangan Aman di Masa New Normal

Lahan pertanian
Lahan pertanian (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah harus menjamin sektor pangan tetap aman, di tengah langkah pemulihan ekonomi di masa pandemi. Hal itu diungkapkan oleh pengamat ekonomi dari Universitas Andalas, Werry Darta Taifur.

"Langkah yang harus dilakukan pemerintah kedepan yakni jaminan terhadap sektor pangan. Sektor ini jangan sampai terganggu. Yang banyak mendukung ekonomi itu kan sektor pangan, kalau sempat beras tak ada, sempat kebutuhan pokok tak ada lagi, ini akan berbahaya, ini akan diimpor dari daerah lain. Paling tidak daerah-daerah ini sudah dipastikan bahwa sawah sudah ditanam, panen, dan lainnya karena kita juga harus menyiapkan ini," paparnya.

baca juga: PKMS Dosen UMMY Solok Kenalkan Varietas Baru Cabe Merah Keriting

Ia mengatakan pemerintah harus menyiapkan ini selama tiga hingga empat bulan kedepan. "Sehingga ini jadi hal yang tidak terabaikan oleh pemerintah dan hanya sibuk menangani COVID-19," jelasnya.

"Paling tidak sektor pertanian diamankan dulu kurvanya, karena sektor pangan ini yang paling tidak kena dampak sehingga harus diamankan dari kota," tuturnya. (*)

baca juga: Kiat Audi Joinaldy Tingkatkan Ekonomi Sumbar di Bidang Pertanian

Editor: Fitria Marlina