Dampak Corona, Tiga Lembaga Keuangan Dunia Ramalkan Semua Negara Alami Resesi

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda akan usai. Ramalan ekonomi masa depan pun akan semakin suram, termasuk juga Indonesia.

Deputi Gubenur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti bahkan mengatakan bahwa pada tahun ini hampir seluruh negara akan masuk ke dalam jurang resesi .

baca juga: Viral Wanita Bakar Bendara Merah Putih, Ngaku Diperintah Pimpinan PBB

"2020 ini hampir semua negara akan mengalami Resesi ," kata Destry dalam acara Kemenkeu Corpu Talk yang diselenggarakan secara virtual, Senin (20/7/2020).

Destry merinci dari ramalan 3 lembaga keuangan dunia, IMF, OECD dan World Bank kesemuanya mengeluarkan data pertumbuhan ekonomi global yang negatif.

baca juga: Masih Stabil, Emas Dijual Rp1 Juta Lebih Per Gram

"IMF memprediksi tahun ekonomi global akan negatif 4,9 persen, OECD negatif 7,6 persen dan World Bank 5,2 persen," paparnya.

Bahkan kata dia angka ini kemungkinan masih akan jatuh lebih dalam mengingat kasus baru penambahan virus corona semakin hari semakin banyak.

baca juga: Prabowo Teken Dukungan Gerindra untuk Gibran Jadi Wali Kota Solo

Tak hanya itu kata dia, tensi politik internasional seperti hubungan Amerika Serikat dan China juga bisa menambah parah kondisi ekonomi yang ada saat ini.

"Karena Amerika sebagai negara boleh dibilang terbesar yang memang sangat mempengaruhi juga arah pergerakan ekonomi dan politik global ini yang perlu diwaspadai memang Permasalahannya menjadi sangat kompleks," pungkasnya.

baca juga: Akibat Pandemi, Deflasi Juli Capai 0,10 Persen

Editor: Eko Fajri